OUTING CLASS SMPIT NUR HIDAYAH SOLO KE JOGJAKARTA “

by February 23, 2017
Dunia Pendidikan 0   370 views 0

Para Siswi SMPIT Nur Hidayah Solo nampak sedang melihat dan mengamati proses pembuatan kerajinan perak di HS Silver Kotagede Jogjakarta

AGAR APLIKATIF DAN KREATIF, SMPIT NUR HIDAYAH ADAKAN PEMBELAJARAN OUTING CLASS

Reportactual.com – SOLO – Selasa (21/2) Jalan Kahuripan Utara, tepatnya depan SMP Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta terparkir 8 bus besar. Jadi tak heran jalanan sedikit macet. Ini bukannya jadi terminal dadakan tapi pagi itu SMPIT Nur Hidayah akan mengadakan kegiatan Pembelajaran Outing Class yakni pembelajaran di luar ruangan kelas / diluar sekolah. Dalam kegiatan ini diikuti oleh semua siswa kelas 7 dan 8 .

Sebanyak 186 siswa kelas 8 mengadakan Outing Class ke Museum Dirgantara Adi Sucipto Yogyakarta, Pembuatan Bakpia Pathok 25 Malioboro Yogyakarta dan HS Silver di Kotagede.

Objek pertama yang dikunjungi adalah Museum Dirgantara disini para siswa diajak untuk melihat dan mengamati berbagai peninggalan sejarah perjuangan TNI-AU dengan total hampir 10.000 koleksi, meliputi dokumen berupa foto maupun prasasti, patung para pioner TNI-AU, foto dokumentasi, model pakaian dinas, dan diorama.

Di samping itu, museum ini juga menyediakan berbagai macam jenis Alutsista (Alat utama sistem senjata), seperti beragam jenis senjata, puluhan model pesawat, hingga radio pemancar dan radar. Ribuan koleksi Museum Dirgantara tersebut dipamerkan di dalam tujuh ruangan yang berbeda, antara lain Ruang Utama, Ruang Kronologi I, Ruang Kronologi II, Ruang Alutsista, Ruang Paskhas, Ruang Diorama, dan Ruang Minat Dirgantara.

Selanjutnya yang kedua adalah Pusat Pembuatan Bakpia Pathok 25 Yogyakarta, disini para siswa belajar tentang pembuatan Bakpia. Dari proses awalnya sampai proses pengepakan bakpia dalam kardus.

Terakhir adalah HS Silver, disini para siswa pertama kali dikenalkan dengan sejarah HS Silver beserta produk kerajinan yang dihasilkan. Disamping itu para siswa juga diajak melihat proses pembuatan kerajinan dari perak dan melihat produk yang dibuat.

Adapun tujuan diadakan outing class ini adalah mendekatkan siswa dengan lingkungan, mempermudah pemahaman materi dengan melihat realita sesungguhnya dan supaya pembelajaran lebih aplikatif dan kreatif. Outing class merupakan media yang paling efektif dan efsien dalam menyampaikan ilmu, pembelajaran bukan dari teori saja tetapi juga kebenaran dan bukti nyata dilapangan.

Dengan pembelajaran Outing Class ini, guru dan siswa lebih dapat membangun ‘kedekatan’, lebih fresh dan tentunya menyenangkan

Kegiatan pembelajaran Outing Class ini selalu ditemani oleh para guru pendamping yang dengan setia mendidik siswa untuk selalu menunjukkan akhlak yang terpuji di seluruh lokasi outing yang dikunjungi. Oleh karena itu, meskipun kegiatan outing ini dilakukan di luar sekolah namun pengawasan dan proses pendidikan tetap berjalan.

Para Siswa SMPIT Nur Hidayah kelas VII dan VIII berada di museum Dirgantara, nampak mereka melihat dudukan baling baling pesawat yg telah dimuseumkan

Para siswi SMPIT Nur Hidayah saat mengunjungi pusat produksi Bakpia pathok di Jogjakarta

Para siswi SMPIT Nur Hidayah nampak sedang mendengarkan penjelasan Gaet ditempat wisata Museum Dirgantara

Para siswa SMPIT Nur Hidayah nampak sedang melihat lihat beberapa bukti sejarah penerbangan Indonesia di Museum

Di Museum Dirgantara Jogjakarta dua pelajar SMPIT Nur Hidayah nampak sedang mengamati replika seorang pejuang nasional penerbangan

 

Narasi dan Foto Didik Hariyanto Staff Humas SMPIT Nur Hidayah Surakarta

Reportactual.com productions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *