KUMPUL BARENG DI UNGARAN, YUUK KUNJUNGI WISATA CANTIK DAN INDAH KABUPATEN SEMARANG “

by November 8, 2017
KABUPATEN SEMARANG 1   576 views 1

Foto Dokumentasi IKA SPENSANGAR

Laporan wartawan Reportactual.com Nur Yulianto

10 Destinasi Wisata Kabupaten Semarang, Rekomendasi untuk Alumni SMP Negeri I Ungaran dalam Reuni Akbar yang akan digelar 29 – 30 Desember 2017.

Reporatactual.com – Kabupaten semarang – Rencana digelarnya Reuni Akbar Alumni SMP N I Ungaran pada 29 – 30 Desember 2017 mendatang diperkirakan akan dihadiri oleh ratusan bahkan ribuan alumni SMP Negeri yang telah berdiri selama kurang lebih 51 tahun sejak 1961. Para alumni lintas generasi / usia tersebut tentunya berasal dari berbagai daerah dipelosok negeri.

Kehadiran mereka nantinya bisa jadi akan menjadi ajang lepas rindu dan kangen – kangenan para alumni yang telah puluhan tahun mungkin tidak bertemu. Tidak sedikit diantara para alumni yang membawa turut serta keluarganya.

Kehadiran mereka di Kabupaten Semarang tentunya bisa dimanfaatkan sekaligus untuk refreshing dengan berwisata diobjek wisata yang indah dan menarik yang terdapat di Kabupaten Semarang.

Kabupaten Semarang merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Tengah, Di Jawa tengah ada 2 Semarang, Yakni Kabupaten Semarang dan Kota Semarang. Kabupaten ini menyimpan sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Semarang. Semarang punya banyak Spot objek wisata keren, Mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun / Curug yang masih natural dan sangat memanjakan mata.

Khusus untuk para Alumni SMP Negeri I Ungaran yang akan bergabung dalam Reuni Akbar Alumni SMP Negeri I Ungaran, jangan lupa utk sekalian berlibur di obek wisata Kabupaten Semarang. Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini Semarang jarang terdengar wisatanya, namun ternyata Kabupaten ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.

Nah dalam kesempatan ini Reportactual.com berupaya memberikan gambaran beberapa objek wisata diKabupaten Semarang yang direkomendasikan untuk dijelajahi dan bisa menjadi pilihan para Alumni SMP Negeri I Ungaran untuk dikunjungi. Mumpung sampai di Kabupaten Semarang jangan lupa untuk berwisata di objek wisata Kaupaten semarang yang Indah, asri dan menarik

01. Objek Wisata Rawa Pening

Rawa Pening dengan perahu perahu khasnya Foto Doc

Rawa Pening merupakan sebuah lembah yang berisi air sehingga bentuknya menyerupai danau. Rawa Pening terdapat diantara Gunung Merbabu, Telomoyo dan Ungaran. Luas Rawa Pening adalah 2.670 ha, serta menempati 3 kecamatan yaitu Kecamatan Ambarawa, Bawen Tuntang dan Kecamatan Banyubiru. Di Rawa pening ini anda dapat menikmati keindahan danau yang asri.

Di lokasi wisata pengunjung juga dapat berkeliling waduk dengan menggunakan perahu yang banyak disediakan di lokasi wisata. Di Rawa pening banyak sekali ditumbuhi enceng gondok. Selain keindahan alamnya, Rawa Pening juga menyimpan cerita rakyat yang menarik terkait dengan asal mula Rawa Pening tersebut.

Selain itu disekitar Rawa pening juga terdapat beberapa objek wisata yang beririsan dengan keberadaan rawa Pening, seperti Objek wisata Bukit Cinta, Jembatan Biru, dan Rawa Apung.

Dari Kompleks SMP Negeri I Ungaran, Rawa pening bisa ditempuh dalam waktu kurang dari satu jam.

02. Objek Wisata Museum Kereta Api Ambarawa

Di Museum Kereta Api Ambarawa anda bisa berkelilingi kurang lebih satu jam dengan Kereta Api Loker mengelilingi persawahan, Rawa pening dengan harga tiket 50.000, / orang. Foto by Leo Addalah Siwaraki

Menurut sejarah, bangunan Museum Kereta Api Ambarawa dahulu adalah stasiun kereta api yang terdapat di Ambarawa, Semarang Jawa Tengah. Setelah tidak berfungsi, kemudian dijadikan sebagai museum kereta api. Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan berbagai benda yang berhubungan dengan dunia perkereta apian.

Beberapa koleksi dari Museum Kereta Api Ambarawa misalnya kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen, serta B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG. Karena koleksinya yang unik, tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan fotografi. Anda dapat hunting foto bersama komunitas fotografi anda.

Fasilitas wisata yang menarik di Museum Kereta Api Ambarawa ini adalah dengan tiket Rp 50.000, anda dapat menikmati perjalanan Kereta Api Kuno mengelilingi sekitar ambarawa dan Rawa pening dengan melihat Pemandangan yang Indah dengan view suasana persawahan, rawa pening dan pegunungan yang mengelilingi sekitar Rawa pening.

museum kereta api Ambarawa. Foto Doc

Dari Kompleks SMP Negeri I Ungaran, untuk sampai di Museum Kereta Api Ambarawa bisa ditempuh dalam waktu kurang sekitar 40 menit

03. Objek Wisata Candi Gedong Songo

Salah satu spot di Candi Gedong Songo yang sangat bersejarah. Foto Doc / istimewa

Obyek wisata Candi Gedong Songo adalah sebuah candi yang terdapat di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Lokasi tersebut berada di lereng Gunung Ungaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

Candi yang indah ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Lokasi Candi Gedong Songo ini berdekatan dengan Kawasan Wisata Bandungan, jarak tempuhnya mungkin sekitar 10 menit. Oleh karena itu biasanya wisatawan yang datang ke Candi Gedong SOng ini juga akan berkunjung ke Bandungan khususnya untuk membeli oleh-oleh khas wisata Bandungan.

Diobjek Wisata Candi Gedong Songo anda akan sedikit berolah raga untuk mengelilingi 9 Candi Gedong Songo dengan berjalan kaki, namun jika anda lelah anda bisa mengelilingi candi dengan naik Kuda dengan dipandu joki kuda yang menuntunnya sambil berjalan kaki.

Para wisatawan bisa menyewa kuda jika capek berjalan

Salah satu spot di candi satu yang sering digunakan utk berfoto Foto Leo Addalah Siwaraki

Dari Kompleks SMP Negeri I Ungaran, untuk sampai di Candi Gedong Songo bisa ditempuh dalam waktu kurang sekitar 1 jam.

04. Objek WisataGoa Rong Tlogo Tuntang

View Goa Rong melihat Rawa pening dari atas Bukit. Foto Instagram @ariesynthezer

Berada di wilayah Tlogo, Tuntang, Kabupaten Semarang, Kawasan Wisata Goa Rong View menyajikan pemandangan yang sejuk perkebunan karet yang menenangkan jiwa. Terhampar sejauh mata memandang, Rawa Pening dan gugusan pegunungan Sindoro, Sumbing, Ungaran, Telomoyo, Merapi dan juga Merbabu. Bagi penggemar fotografi, tempat ini sangat bagus untuk mengabadikan sunrise atau sunset.

Lokasi Goa Rong ini kalau dari arah Semarang, hanya beberapa meter dari jembatan Tuntang. Ada pos polisi dan baliho wisata Tlogo dan Goa Maria. Sekitar 1,8 km dari sini, saat menemukan lapangan Tlogo ada Gapura Mlandong yang berada di kanan jalan dan menuju desa Delik. Terus saja hingga menemukan jalan menanjak lalu belok kanan. Kemudian ikuti saja terus jalan itu. Harga tiket masuk Goa Rong saat hari minggu sebesar Rp. 5000 dengan parkir sepeda motor RP 2.000. Dari loket, lokasinya masih agak jauh, namun pemandangan di sekitar perjalanan sangat sejuk dan indah.

View Goa Rong yang Indah. Foto Doc

Dari Kompleks SMP Negeri I Ungaran, untuk sampai di Goa Rong bisa ditempuh dalam waktu kurang sekitar 1 jam.

05. Objek Wisata WATU GUNUNG Ungaran

Watu gunung Ungaran Foto Doc.

Berbicara mengenai wisata di lereng Gunung Ungaran, ada satu wisata yang cukup menarik untuk kita kunjungi bernama Watu Gunung Ungaran.
Watu Gunung Ungaran atau biasa juga disebut dengan nama Kolam Renang Lerep merupakan sebuah wisata keluarga yang mengusung konsep wisata alam dan pegunungan.
Watu Gunung Ungaran ini lebih menonjolkan sisi alam dan budayanya. Disini kita akan merasakan suasana yang cukup nyaman dengan banyaknya pepohonan, danau dan sungai buatan.
Danau buatan di Watu Gunung Ungaran menjadi habitat oleh ikan-ikan hias yang tentunya semakin membuat danau tersebut terlihat menarik. Selain danau buatan, di Watu Gunung juga masih ada sungai buatan dan kolam renang lho.
Di Watu Gunung terdapat beberapa kolam renang yang bisa kita gunakan untuk mandi, kolam renang di Watu Gunung ini sangat jernih karena bersumber dari air alami. Tak sampai situ saja, tempat wisata Semarang satu ini juga dilengkapi dengan Rumah Adat Jawa Tengah atau Rumah Joglo lengkap dengan peralatan gamelannya yang nampak artistik, tak jarang lokasi ini digunakan sebagai background foto prewedding atau sesi foto model.
Puas berkeliling dan mandi di kolam renang, kini kamu bisa istirahat di pendopo dan gazebo-gazebo yang sudah disediakan. Ketika berkunjung ke Watu Gunung Ungaran kita tidak perlu kawatir kelaparan karena wisata ini juga menyediakan tempat makan dengan berbagai menu khas Jawa.

Foto Doc.

Dari Kompleks SMP Negeri I Ungaran, untuk sampai di Watu Gunung Ungaran bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit
06. Objek Wisata Kolam Renang Tirtoargo / Siwarak

Kolam Renang Tirtoargo / Siwarak Ungaran barat dilereng Gunung Ungaran . Foto Doc / Istimewa

Taman Wisata dan Kolam Renang Tirto Argo Siwarak merupakan sebuah wisata air berupa kolam renang yang terdapat di Ungaran. Kolam renang ini merupakan wisata favorite warga Ungaran. Disini tersedia kolam renang yang lengkap dengan beberapa permainan air yag tentunya sangat menyenangkan bagi putra putri kita, Kolam renang ini tepatnya terdapat di Desa Nyatnyono, Dusun Blanten / Siwarak, Ungaran Barat.
Kelebihan dari kolam renang ini adalah air dari kolam renang ini merupakan air alami dari pegunungan, sehingga lebih bersih dan jernih. apabila di kolam renang biasa kadang-kadang masih terdapat bau menyengat kaporit, kalau di Taman Wisata & Kolam Renang Tirto Argo Siwarak Ungaran tidak berbau.
Disamping itu disekitar kolam renang adalah tempat pembenihan dan pembudidayaan ikan air tawar, sehingga para pengunjung bisa melihat berbagai jenis ikan air tawar yan dibudidayakan separti, Nila, koi, Kalper /ikan mas, Gurami, Arwana dll
Dari Kompleks SMP Negeri I Ungaran, Objek wisata Kolam Renang Tirtoargo bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 10 menit
07. Objek Wisata Umbul Sidomukti

Kolam renang Umbul Sidomukti dengan pemandangan sekitarnya yang asri dan indah. Foto Doc.

Satu lagi tempat wisata yang terdapat di Kawasan Bandungan, yaitu Umbul Sidomukti. Umbul Sidomukti tepatnya berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Sesuai dengan namanya, Umbul Sidomukti menawarkan keindahan alam berupa sumber mata air yang berada di tengah pengunungan.
Sumber mata air yang ada sudah dilengkapi dengan empat buah kolam dengan ketinggian yang berbeda-beda. Selain menikmati sumber mata air, Ada beberapa wisata yang dapat anda nikmati di Umbul Sidomukti ini, diantaranya adalah Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta Meeting Room

View di Umbul Sidomukti yang kereen abiis . Foto Doc

Dari Kompleks SMP Negeri I Ungaran, Objek wisata Umbul Sidomukti bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam

08. Objek Taman Wisata Kopeng

Foto Doc

Taman Wisata Kopeng adalah salah satu obyek wisata unggulan Kabupaten Semarang yang terdapat di lereng Gunung Merbabu, tepatnya dikecamatan Getasan. Tempat Wisata Kopeng ini terdapat di tepi jalan jurusan Salatiga Magelang. Karena lokasinya yang di lereng gunung, maka di Taman Wisata Kopeng ini memiliki pemandangan yang indah serta suasana yang sejuk. Di sekitar kopeng ini dapat anda dapati lahan-lahan subur pertanian yang ditanami dengan berbagai macam tanaman bunga, sayuran seperti kobis, wortel, kentang, cabai, tomat dll. Fasilitas yang disediakan di Taman Wisata Kopeng diantaranya adalah Waterpark,Outbound Centre, Gardening 4,17 hektar, Playground, ATV,Family resort,Hall,VIP family karaoke,Fun Bilyard,Kaos corner,Resto dan Coffe Shop.

Dari Kompleks SMP Negeri I Ungaran, Objek Taman wisata  Kopeng bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam

09. Objek Wisata Curug Benowo dan Curug Lawe Kalisidi Ungaran Barat

Keindahan Curug Benowo. Foto Leo Addalah Siwaraki

Tempat wisata di Kabupaten Semarang yang satu ini terdapat di tengah pegunungan dan dikelilingi pepohonan yang rindang sehingga agak tersembunyi. Kedua Curug ini berada dalam satu area, yaitu Curug Benowo, atau air terjun Benowo dan Curug Lawe. Lokasi curug Benowo dan Curug lawe adalah di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang.

Sebelum sampai di lokasi wisata ini, penginjung harus berjalan kaki terlebih dahulu, karena akses menuju lokasi tidak bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor. Namun selama diperjalanan anda akan menyusuri sungai dengan air pegunungan yang sangat jernih yang merupakan aliran dari Curug Benowo dan Curug Lawe.

Dan anda bisa berhenti sejenak di Jembatan merah dimana di spot yang satu ini anda bisa mengambil yang kereen untuk berfoto. Mengingat jembatan Merah ini berada diatas lembah / jurang yang viewnya memberikan pemandangan yang indah penuh suasana natural.

Sesampainya di Curug Benowo, maupun Curug lawe anda akan disajikan dengan indahnya Curug yang memukau. Air terjun yang terlihat eksotis, dengan udara yang segar alami serta terletak jauh dari keramaian.

Curug Lawe Kalisidi, nampak wartawan Reportactual.com Nur Yulianto berfoto bersama para remaja dilokasi Curug lawe. Foto by Leo addalah Siwaraki

ini merupakan aliran sungai dari Curug Lawe, airnya jernih karena merupakan air pegunungan yang belum tercemar. Wartawan Reportactual.com Nur Yulianto menyempatkan berfoto bersama para remaja. Foto Leo Addalah Siwaraki

Selama perjalanan ke Curug Lawe atau pun Curug Benowo, anda akan melewati hutan wisata yang dispot tertentu memiliki pemandanagan / view yang indah untuk berfoto. Foto Leo Addalah Siwaraki

Dari Kompleks SMP Negeri I Ungaran, Objek wisata  Curug Benowo dan Curug Lawe bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit utk sampai di Parkiran. Kemudian berjalan kaki menyusuri keindahan alam kurang lebih 1 jam.

10. Objek Wisata Rest area Kampung Kopi Banaran

Kampung Kopi Banaran. Photo Doc

Kampung kopi Banaran merupakan sebuah obyek wisata unggulan yang dikembangkan oleh Perusahaan BUMN yaitu PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero), yang terletak di area perkebunan kopi Kebun Getas Afdeling Assinan tepatnya Jl. Raya Semarang – Solo Km. 35 dengan ketinggian 480 – 600m dpl dengan suhu udara cukup sejuk antara 23ºC – 27º C.

Lokasi Kampung Kopi Banaran ini sangat strategis karena terletak di tepi jalan Solo-Semarang. Oleh karena itu apabila sedang melintas ke jalan ini jangan lupa untuk mampir dan menikmati seduhan kopi istimewa dari Kampung Kopi banaran.

Selain menikmati kopi di kedai kopi Kampung Kopi Banaran, di tempat ini juga sudah dikembangkan sebagai kompleks wisata keluarga dengan berbagai fasilitas yang sangat menarik, diantaranya adalah arena bermain anak – anak, Corporate Gathering, Coffee Walk, Out Bound Games, Kolam Renang, Gasebo, lapangan tenis, Taman Buah, Gedung Pertemuan, Flying Fox, Mushola, Meeting Room, Griya Robusta, Family Gathering, serta Jelajah Kebun dengan ATV.

Odong – odong di Kampung Kopi Banaran siap memanjakan anda berkeliling di sekitar lokasi wisata. Foto Doc.

Dari Kompleks SMP Negeri I Ungaran, Objek wisata rest area Kampung Kopi Banaran bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit, jika lewat Tol Ungaran – Bawen lebih cepat sekitar 20 menit.

Demikian sahabat reportactual.com , lebih Khusus para Alumni SMP Negeri I Ungaran, 10 Destinasi tempat wisata yang asyik dan direkomendasikan untuk dikunjungi ketika anda berkumpul bersama nanti tanggal 29 – 30 Desember mendatang. Catat hari dan tanggalnya kami tunggu kehadiranmu, Ora Ono Awakmu Ora Rame

Jadikan waktu anda semakin indah bersama keluarga dengan berkunjung di objek – objek wisata di wilayah Kabupaten Semarang.

Foto Dokumentasi IKA SPENSANGAR

Reportactual.com copy right November 2017

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *