AJARKAN DISIPLIN DAN CINTA NKRI,TNI BERGAS GEMBLENG SISWA SDIT CAHAYA UMMAT “

by November 8, 2017
Dunia Pendidikan 0   255 views 0

Anggota TNI / koramil 15/Klepu nampak sedang mengajarkan Formasi Kolone tongkat kepada siswa siswi SDIT Cahaya Ummat Bergas.

Laporan wartawan Reportactual.com Nur Yulianto
Reportactual.com – Ungaran – Dalam rangka menumbuhkan kedisiplinan dan semangat cinta tanah air kepada siswa, SDIT Cahaya Ummat bekerja sama dengan Koramil 15 / Klepu Kodim 0714 / Salatiga mengadakan pembinaan dan penggemblengan siswa SDIT Cahaya Ummat.

Kurang lebih 20 siswa yang terdiri dari dua regu putra / putri siswa SDIT Cahaya Ummat mengikuti pembinaan dan penggemblengan secara intensif setiap harinya dihalaman sekolah.

Para siswa yang mengikuti pembinaan ini kami seleksi dan mereka akan mengikuti pembinaan kedisiplinan ini selama sebulan dari tanggal 09 Oktober hingga 09 November 2017 “Jelas Suhermawan salah seorang guru pendamping kegiatan.

Sebetulnya kegiatan pembinaan kedisiplinan kepada siswa ini juga sekaligus untuk menyiapkan siswa untuk mengikuti kemah Daerah tingkat Karesidenan Semarang, 10 -12 November 2017 mendatang “ tambahnya.

Anggota Koramil Bergas yang ditugaskan dalam kegiatan ini adalah Serka Mukhtar dan Serka Sri Sukamto, yang mengaku baru pertama kalinya menggembleng Siswa pelajar untuk tingkat SD.

Kalau pelajar SLTP dan SLTA sudah sering mas, kalau siswa SD ini pengalaman pertama kami “ tutur Serka Mukhtar.

Awalnya mereka agak takut dan grogi, tapi kami coba untuk beradaptasi dan dekat dengan mereka, Alhamdulillah hal itu bisa mencairkan suasana kini mereka telah akrab dengan kami “ imbuhnya sambil tersenyum

Para siswa siswi SDIT Cahaya Ummat nampak sedang berfoto bersama bersama instruktur dari anggota Koramil 15 / Klepu

Sementara itu Serka Sri Sukamto menambahkan bahwa tujuan dari pembelajaran kesiplinan ini adalah untuk membentuk kepribadian dan karakter anak yang positif dan mempunyai rasa Cinta tanah air serta bangga sebagai bangsa Indonesia.

Untuk membina siswa SD kita mulai dari nol mas, mereka masih sangat polos namun pelan dan bertahap kami ajari mereka mencintai negeri dengan membangun semangat dalam diri mereka menjadi generasi penerus bangsa yang disiplin dan tangguh “ tutur Serka Sri Sukamto

Bayangkan mas, biasanya kita tegas dank eras jika memberikan pelajaran kedisiplinan terhadap siswa SLTP maupun SLTA, namun ketika menghadapi siswa SD tentu kita harus menyesuaikan dengan tsikologis anak seeusia mereka “ tambahnya.

Disamping itu anggota Koramil 15 / Klepu juga mengajarkan kepada siswa SDIT Cahaya Ummat beberapa variasi kolone tongkat, yang terdiri dari Formasi buka barisan dan penghormatan, formasi bintang, dan formasi lingkaran disambung dengan yel – yel.

Kalau di TNI biasanya kolone menggunakan senjata mas, tapi untuk anak SD cukup dengan tongkat sebagai gantinya, tetapi gerakannya hampir sama “ ungkap Serka Mukhtar.

Sementara itu kepala Sekolah SDIT Cahaya Ummat Bergas, Al Munawaroh,S.Pd.I mengaku senang dengan hasil penggemblengan yang sudah terlihat.

Alhamdulillah dengan bekerja sama dengan bapak – bapak TNI Bergas, gerakan dan formasi yang diperagakan para siswa terlihat semangat,kompak dan rapi “ Tuturnya.

Semoga dengan bekal hasil penggemblengan ini para siswa bisa membawa nama harum SDIT Cahaya Ummat di ajang Kemah Daerah tingkat Karesidenan Semarang nanti “ tambahnya dengan optimis.

Reportactual.com copy right November 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *