HAYYIN, LAYYIN, QARIBIN, SAHLIN, 4 GOLONGAN YANG TIDAK TERSENTUH DARI API NERAKA “

by October 25, 2017
HIKMAH 0   2.1K views 0

Foto Doc

Reportactual.com – Taushiah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

B i s m i l l a h i r r a h m a a n i r r a h i i m,

Alhamdulillahirabbil ‘alamiin, segala pujian kita panjatkan kehadirat Allah SWT, sholawat serta salam semoga tercurah atas junjungan kita Rasulullah SAW, beserta keluarganya, para shahabatnya dan orang2 yang istiqomah dijalan-Nya.

Sahabat Reportactual.com.. Rasulullah SAW telah menjelaskan dibanyak hadits shahih tentang golongan yang diharamkan dari tersentuh api neraka. Sungguh beruntunglah orang – orang yang termasuk apa yang dijelaskan oleh Nabi SAW tersebut.

Dan hendaknya kita mencoba untuk membina diri menjadi untuk menjadi seperti apa yang dijelaskan oleh Nabi SAW menjadi golongan yang diharamkan dari tersentuh api neraka. Dan berungtunglah orang yang diharamkan dari tersentuh api neraka.

Tapi jangan sampai sebaliknya kita menjadi golongan yang justru diharamkan dari Surga, sungguh celakalah orang yang diharamkan dari Surga, karena tempatnya dineraka dan tidak ada satupun makhluk yang bisa menolongnya. Golongan yang diharamkan dari surga adalah orang – orang yang musyrik !! Maka marilah kita beribadah kepada Allah SWT dengan memurnikan ibadah hanya kepada Allah SWT dan meninggalkan segala bentuk kemusyrikan.

QS. Al-Ma’idah [5] : 72 

لَقَدْ كَفَرَ ٱلَّذِينَ قَالُوٓا۟ إِنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلْمَسِيحُ ٱبْنُ مَرْيَمَ ۖ وَقَالَ ٱلْمَسِيحُ يَٰبَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ ٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ رَبِّى وَرَبَّكُمْ ۖ إِنَّهُۥ مَن يُشْرِكْ بِٱللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ ٱللَّهُ عَلَيْهِ ٱلْجَنَّةَ وَمَأْوَىٰهُ ٱلنَّارُ ۖ وَمَا لِلظَّٰلِمِينَ مِنْ أَنصَارٍ

“Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam”, padahal Al Masih (sendiri) berkata: “Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu”. Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun. ( QS. Al-Ma’idah [5] : 72 )

Sahabat Reportactual.com yang berbahagia, Tahukah kamu wahai saudaraku yang mudah-mudahan senantiasa diberkahi oleh Allah ta’ala Bahwa Si Hayyin, Si Layyin, Si Qaribin, dan Si Sahlin itu tidak Bisa disentuh oleh Api Neraka Ini penjelasanya:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِمَنْ تَحْرُمُ عَلَيْهِ النَّارُ؟, قَالُوا: بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ, قَالَ: ” كُلُّ هَيِّنٍ لَيِّنٍ قَرِيبٍ سَهْلٍ

انظر صَحِيح الْجَامِع: 3135 , صَحِيح التَّرْغِيبِ وَالتَّرْهِيب: 1747

Dari Abdillah bin Mas’ud radhiyallahu anhu ia berkata: telah bersabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:

Maukah kamu aku tunjukkan orang yang diharamkan neraka baginya? Para sahabat menjawab: tentu saja wahai Rasulallah! Beliau shallallahu alaihi wasallam menjawab: “(Haram tersentuh api neraka orang yang) Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl“.

Lalu mungkin muncul pertanyaan dalam benak kita siapa itu Si Hayyin, Si Layyin, Si Qaribin, dan Si Sahlin Yang Tidak Bisa disentuh oleh Api Neraka itu?Mari kita coba kupas satu persatu, semoga  sahabat reportactual.com bisa memahaminya dan mencoba membina diri untuk bisa mewujudkannya dalam diri kita masing – masing.

1. Hayyin
Hayyin adalah orang yang memiliki sifat tenang dan berwibawa, baik pada sikap lahir maupun batinnya. Tidak labil atau tidak mudah tersulut emosi (ini karena kedalaman ilmunya tentang agama), tidak mudah marah, artinya dia orang yang pemaaf. Tidak grusa-grusu dalam segala hal, dan senantiasa penuh pertimbangan. Tidak gampang mencaci, melaknat dan tidak gampang ngamuk, dia senantiasa bisa menahan diri dengan memperbanyak istighfar.

2. Layyin
Layyin itu adalah orang yang lembut dan penuh kasih sayang, baik dalam bertutur-kata atau pada perbuatannya, taukah kamu wahai saudaraku? Bahwa Si Layyin itu tidak pernah berbuat kasar atau melakukan perbuatan semau gue, tidak suka marah-marah pada saudaranya muslim tanpa alasan yang syar’i. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesamanya. Layyin adalah orang yang selalu berusaha menjaga perasaan orang lain, tidak ingin mempermalukannya dihadapan umum.

3. Qaribin ( Orang yang Dekat )
Qaribin itu adalah orang yang mudah untuk diajak berteman, ia suka menyambung silaturahmi, mudah akrab dengan seseorang, ramah diajak bicara, menyenangkan bagi orang yang mengajak bicara. Biasanya murah senyum, jika bertemu dengan saudaranya muslim wajahnya berseri-seri dan enak dipandang, suka menebarkan salam baik kepada orang yang ia kenal atau pada orang yang belum ia kenal. Qaribin adalah orang yang banyak temannya karena kehadirannya selalu dinanti dan ketidakhadirannya selalu dinanti. Itu semua karena Layyin adalah orang yang senantiasa mengutamakan kebersamaan, kekeluargaan, keutuhan, persatuan dan kesatuan. Tidak menginginkan perpecahan, pertengkaran, dan permusuhan.

4. Sahlin ( Orang Yang Mudah )
Sahlin adalah orang yang suka mempermudah urusan orang lain, tidak suka mempersulit sesuatu. Si Sahlin ini selalu menawarkan solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan membuat orang lain susah, lari dan menghindar. Sahlin adalah orang yang suka membantu urusan orang lain, meringankan beban orang lain. Dia akan senang dan bahagia jika bisa memudahkan urusan orang lain, meringankan beban orang lain.

Nah sahabat Reportactual.com yang dirakhmati Allah SWT, empat Kelompok orang inilah yang dijelaskan dalam hadits yang termasuk diantara orang yang nanti akan terhindar dari api neraka yang menyala-nyala, yang semuanya memiliki makna yang saling melengkapi dalam bingkai akhlak yang terpuji.

Mari kita senantiasa Berdoa kepada Allah yang Maha Memberi Petunjuk semoga kita termasuk golongan yang dijelaskan Nabi SAW diatas, In syaa Allah

Wallahu a’lamu bish shawab. Tetap Semangat sahabat ,yyyeeesssss !!

Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekhilafan atau kesalahan ketik

Wabillahi taufiq wal hidayah Wa Shubhanaka wabihamdika Asyhadu alla ilaha illa Anta astaghfiruka watubuu ilaihi Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Reportactual.com copy right Oktober 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *