KOLABORASI PHP2D DAN KPOTI LESTARIKAN BUDAYA & OLAH RAGA TRADISIONAL “

by October 28, 2021
BUDAYA LELUHUR 0   253 views 0

Salah satu cabang olag raga rakyat Ketapel atau Plintengan yang mulai banyak digemari masyarakat

Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Berkolaborasi Dengan Program Kerja Pengabdian Masyarakat dari UNNES dan KPOTI Jawa Tengah

Reportactual.com – Kabupaten Semarang – Kegiatan pelestarian permainan tradisional tidak lepas dari peran aktif masyarakat dan dukungan dari instansi yang memiliki pengaruh dalam mengembangkan potensi yang ada baik dari Sumber Daya Manusia yang berkompeten maupun Sumber Daya Alam dari potensi wisata yang dimiliki.

Kabupaten Semarang selalu memiliki inovasi dalam melestarikan kebudayaan dan permainan tradisional. Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu pada Minggu, 24 oktober 2021 dimana telah dilaksanakan kegiatan Festival Budaya dan Olahraga Tradisional yang bertempat di lapangan Desa Tanjungsari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung.

Pelaksanaan kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang direncanakan oleh Tim HIMA PJSD FIK UNNES bekerja sama dengan program kerja Pengabdian Masyarakat.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh DINDIKPORA Kabupaten Temanggung, Perangkat desa, Dosen Pendamping, KPOTI Jawa Tengah, dan KPOTI Kabupaten Jepara. Partisipasi dalam kegiatan ini melibatkan 25 mahasiswa dari UNNES dan 18 pemuda/karang taruna Desa Tanjungsari sebagai Panitia.

Kegiatan ini menjadi momen kerjasama sekaligus sebagai praktik awal setelah dilaksanakan Training of Trainer (TOT) untuk dapat mempersiapkan Instruktur, atlet, maupun event organizer (IO). Sehingga selain dapat untuk melestarikan olahraga tradisional kegiatan ini juga sekaligus sebagai sarana dalam meningkatkan prestasi.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini Sekretaris Umum KPOTI Jawa Tengah sdr. Aji Tri Pamungkas menyampaikan bahwa kesuksesan kegiatan ini tidak lepas dari peran aktif 4 unsur budaya yang diantaranya yaitu penampilan kesenian tari, perlombaan olahraga tradisional, pameran permainan tradisional, dan EXPO jajanan tradisional.

Penampilan kesenian yang ada yaitu kesenian tari Warok/Warokan dari Dusun Tanggung sebagai pembuka, dilanjutkan kesenian tari Kubro Siswo penampilan dari Dusun Ponoradan, dan terakhir sebagai kesenian tari Jaran Kepang dari Dusun Tanggung sebagai penutup kegiatan.

Slamet Asnawi selaku Ketua KPOTI Kabupaten Semarang menambahkan bahwa selain kesenian tari, perlombaan olahraga tradisional yang menjadi kegiatan utama dengan perlombaan yang ada diantaranya terdapat cabang olahraga olahraga Layang-layang, Hadang, Egrang, Trompah panjang, dan Dagongan.

Masyarakat sangat antusias dalam berpartisipasi perlombaan yang ada dengan jumlah 150 peserta, baik mulai dari anak usia dini, remaja, hingga dewasa ke atas.

Menurut Dewan Pakar Permainan Tradisional di KPOTI Kabupaten Semarang, Fajar Awang Irawang menyampaikan bahwa dengan adanya penyelenggaran pertandingan yang berkesinambungan dan berjenjang akan memberikan efek yang positif dalam prestasi setiap daerah dan optimalisasi dalam upaya melestarikan permainan tradisional terutama pada era saat ini.

Selama pertandingan berlangsung, masyarakat juga diberikan kesempatan untuk mengenali dengan melihat dan memainkan permainan-permainan tradisional yang telah disiapkan oleh panitia pada stan pameran permainan tardisional dengan diantaranya ada Sumpitan, Congklak, Gasing, Egrang batok, Engklek, Serok Mancung, Lari Balok, Tulup, dan Ketapel.

Suguhan terakhir dari panitia yang diberikan kepada masyarakat yaitu EXPO berbagai macam jajanan tradisional yang juga ikut andil dalam memeriahkan kegiatan ini,

Menurut Alfa Budi Setiawan, kegiatan ini diharapkan sebagai awal dari adanya aktivitas dengan mempertandingkan permainan rakyat dan olahraga tradisional oleh masyarakat khususnya masyarakat Desa Tanjungsari baik dalam kegiatan sehari-hari maupun penyelenggaraan event-event yang ada. Dengan begitu tujuan dari adanya pelaksanaan Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dapat terealisasi dengan tujuan utama melestarikan budaya olahraga tradisional dan semangatnya melalui Jargon KPOTI yaitu Lestari Budayaku Bugar Bangsaku.

Salah satu Kesenian tradisional yang ditampilkan

Fotodoc.

Fotodoc.

Fotodoc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.