SEMANGAT SUMPAH PEMUDA UNTUK KITA “

by October 28, 2021
INSPIRASI 0   118 views 0

Anak Muda Generasi Tulang Punggung Bangsa

Reportactual.com – Momen spesial yang bersejarah tentang para pemuda yang hebat ada pada peringatan hari Sumpah Pemuda. 28 Oktober.

Sebagaimana kita ketahui, pada tanggal itu di tahun 1928. Berkumpul para pemuda yang peduli dengan masa depan bangsa. Kumpulan pemuda yang tergerak hatinya untuk maju menyongsong sebuah rasa bertanah air. Melalui rasa ini, maka tertuanglah sumpah yang diikrarkan bersama.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Ikrar ini pun disebut sebagai sumpah. Yakni janji yang mengikat diri para pemuda yang selayaknya tak mengingkarinya.

Sebagaimana sumpah, maka barang siapa bersumpah maka ia memiliki keterikatan dan tanggung jawab untuk menjaga sumpah itu.

Harapan dari sumpah itu, para pemuda mampu bersatu dan memiliki visi misi yang sama dalam menjaga keutuhan bangsa. Tak terbatas dari suku, agama, ras, kaya maupun miskin. Semua pemuda memiliki kesamaan perjuangan untuk Indonesian.

Dalam semangat peringatan Sumpah Pemuda ini, kita diminta untuk tetap menjaga semangat ber-Indonesia. Dengan ini, pemuda berbagai suku bangsa ini mampu bekerja sama dalam segala bidang untuk memajukan bangsa.

Jika di masa awal sumpah ini muncul, semangat kemerdekaan menjadi kian membara. Terwujudnya cita-cita yang tinggi untuk membela bangsa. Bangkitlah semangat seluruh pemuda di berbagai pelosok Nusantara.

Lalu bagaimana semangat sumpah pemuda sebagai bagi pemuda di masa ‘android’ sekarang?

Masa penjajahan kolonial telah berlalu. Namun ujian dari kehidupan masih berlanjut.

Kita sebagai pemuda disuguhi beragam budaya, yang mempengaruhi mode bahkan pola berpikir. Lalu budaya Indonesia sendiri justru kurang berkarakter pada diri.

Lihatlah berapa banyak pemuda yang peduli untuk mengembangkan kecintaannya ber-Indonesia? Justru merekalah yang akan mampu mengenalkan keindahan bangsa ini. Efeknya? Indonesia menjadi negara yang dikagumi bangsa lain. Pastinya melalui budaya yang memang khas dan kekayaan bangsa ini.

Oleh karena itu, pemuda diharapkan mampu memanfaatkan teknologi juga memiliki karakter kuat pada pribadinya. Yakni pribadi berbangsa, bahasa, berbudaya yang bangga dengan Indonesia.

Saatnya berpadu dan memiliki visi misi bangsa yang sama. Semangat menjadi pemuda yang mampu berdaya dan mampu menjadi penggerak dalam segala kebaikan maupun prestasi.

Sudah bukan rahasia lagi, PKS adalah partai yang digawangi oleh para pemuda. Mereka mampu menjadi pionir dalam membangun semangat dalam melayani masyarakat.

Kegiatan bidang kepemudaan, olah raga, bahkan dipimpin oleh anak-anak muda. Dipimpin oleh kak Harun Anwar. Mereka melakukan pelayanan peduli dalam relawan ambulan. Kegiatan hiking atau naik gunung. Kegiatan olahraga rutin. Relawan pemuda untuk melayani masyarakat.

Bahkan beberapa tim media dalam bidang kehumasan PKS juga terdiri dari anak-anak muda. Mereka berusaha menjalankan amanahnya untuk memberikan manfaat yang banyak melalui media pada masyarakat. Kegiatan pelatihan fotografi dan seminar kepemudaan menjadi acara rutinnya.

Di manapun dan apapun komunitas kita. Pilihlah teman yang mampu mengajak kita untuk semakin mencintai persatuan dan semangat ber-sumpah pemuda.

Semangat sumpah pemuda semoga mampu senantiasa mengingatkan kita sebagai pemuda untuk terus memberikan yang terbaik untuk bangsa.

IFS  ( Literasi Humas PKS Kab Semarang )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.