PETANQUE, OLAH RAGA BARU, UNIK YG MULAI DIMINATI ANAK MUDA”

by October 11, 2021
OLAH RAGA 0   218 views 4

Kejuaraan Mini Kompetisi nomor Single Open Petanque Kabupaten Semarang Tahun 2021

Eksistensi Petanque Kabupaten Semarang di Masa Pandemi Covid-19

Persiapan PORPROV 2022

Reportactual.com – Ungaran – Bermain Petanque merupakan salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi seseorang. Petanque di Kabupaten Semarang memiliki potensi yang besar untuk berprestasi karena memiliki 11 nomor pertandingan yang kesemuanya masih merata untuk diperebutkan tidak hanya di tingkat Daerah akan tetapi di tingkat Nasional pula.

Petanque pada awalnya merupakan olahraga rekreasi yang berasal dari Prancis kemudian menyebar diseluruh dunia. Olahraga ini adalah suatu bentuk permainan yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet. Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan.

Ada jarak yang ditetapkan, yaitu jarak lemparan dari bola kayu dengan pelempar, antar enam sampai sepuluh meter. Dalam Petanque, terdapat single tim, double tim, triple tim, dan mix tim, dan jenis permainan ini adalah batle tim.

Olahraga Petanque sendiri berasal dari Perancis. Di Perancis, olahraga ini sudah ada sejak sekitar tahun 1907-an. Hampir sebagian masyarakat Perancis memainkan olahraga tersebut.

Petanque pertama kali dipertandingkan di Indonesia pada ajang SEA Games tahun 2011 di Palembang. Di Indonesia, olahraga ini tergolong baru dan sedang mulai dikembangkan.

Para Atlit Petanque yang sedang asyik bermain Olah Raga yang menggunakan bola besi sebagai sarana bermainnya.

Saat pandemi Covid 19 ini, banyak sekali pembatasan aktivitas bahkan sampai ke program latihan. Akan tetapi berjalannya waktu kita mau tidak mau harus menyesuaikan dan tetap beraktivitas seperti keadaan normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rajin cuci tangan.

Menurut Fajar Awang Irawan, Ph.D selaku sekum pengkab Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Semarang saat ditemui di Lapangan Petanque GOR Pandanaran Wujil menyampaikan meskipun saat ini atlet Petanque Kabupaten Semarang didominasi Atlet Muda dan mayoritas pelajar tingkat dasar dan menengah tetapi mereka memiliki potensi yang besar untuk berprestasi dan secara kualitas tidak kalah bersaing dengan kabupaten kota lain.

Hal ini ditunjukkan dengan dukungan dari KONI Kabupaten Semarang, Dinas Pendidikan, dan Donatur yang berkontribusi serta ikut andil dalam memantau dan mendampingi demi prestasi Kabupaten Semarang yang lebih baik.

Dhias Fajar Widya Permana selaku Kepala Tim Pelatih juga menyampaikan bahwa dengan masuknya 4 atlet Petanque kedalam lini 2 dan lini 3 pada data atlet Program Jangka Panjang (PJP) KONI Kabupaten Semarang memberikan kontribusi yang positif terhadap kesejahteraan dan motivasi atlet dalam mempersembahkan medali untuk Kabupaten Semarang pada Kejuaraan Daerah dan PORPROV 2022 di Pati Raya.

Salah satu persiapan yang dimatangkan oleh FOPI Kabupaten Semarang yaitu dengan mengadakan Mini Kompetisi disetiap triwulan sebagai evaluasi dari hasil Latihan setiap atlet Kabupaten Semarang.

Dalam pelaksanaan kejuaraan “Kejuaraan Petanque Mini Kompetisi Tahun 2021” pada nomor Single Open yang di selenggarakan di Lapangan Petanque GOR Pandanaran WUJIL Kabupaten Semarang pada hari Minggu Tanggal 25 September 2021 dengan total peserta 18 atlet kabupaten semarang, muncullah Juara 1 atas nama Yoga Shofi, kemudian untuk Juara 2 atas nama Desky Yanif, dan Juara 3 atas nama Aditya Fathurrohman.

Agenda Berikutnya yaitu persiapan POPDA Provinsi Tahun 2021 yang akan diselenggarakan pada Bulan November, dimana FOPI Kabupaten Semarang telah mendaftarkan 3 atlet putra dan 3 atlet putri yang nama nama delegasi masih disimpan oleh Tim Pelatih. Kedepannya, Petanque Kabupaten Semarang memiliki target untuk membawa medali Emas dalam PORPROV Tahun 2022 yang diselenggarakan di Pati Raya. Sehingga target Kabupaten Semarang bisa merealisasikannya untuk mencapai target di posisi 5 besar dalam ajang tersebut.

Penyerahan Uang Pembinaan kepada para Juara Mini Kompetisis Single Open Petanque Kabupaten Semarang Tahun 2021 di Lapangan Petanque GOR Pandanaran Wujil Kabupaten Semarang

Foto dokumentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.