SISWA SMP IT NUR HIDAYAH SOLO MENGIKUTI SIMULASI PENANGANAN KEBAKARAN SECARA EFEKTIF “

by April 27, 2018
Dunia Pendidikan 0   788 views 0

Para siswa SMP IT Nur Hidayah Solo menyaksikan proses penanggulangan kebakaran secara praktis oleh petugas

Laporan wartawan Reportactual.com Nur Yulianto

Reportactual.com – SOLO  – SMP Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta mengadakan simulasi pemadaman kebakaran, Senin, (2/4). Kegiatan ini diadakan di sela-sela apel pagi yang diselenggarakan dihalaman belakang sekolah. Kegiatan simulasi ini diikuti oleh seluruh warga sekolah mulai dari murid, guru dan karyawan.

Ratusan siswa SMPIT Nur Hidayah nampak antusias dalam memperhatikan langkah-langkah dasar memadamkan api yang disampaikan oleh fasilitator.

Menurut Ustadz Budi Utomo, selaku waka sarana dan prasarana mengatakan tujuan dari adakan simulasi pemadaman kali ini adalah untuk memberikan pengetahuan/edukasi  kepada siswa agar tidak panik menghadapi kebakaran yang terjadi disekitarnya.

“Simulasi pemadaman kebakaran ini penting bagi siswa karena memberikan pengetahuan dan manfaat dan  menjadi bekal sehingga bisa menolong  orang lain dan keluarga. Diharapkan bisa menjadi bekal berharga di kemudian kelak “, pungkasnya.

Untuk memberikan gambaran tentang bagaimana cara memadakan apabila terjadi kebakaran, dengan bimbingan fasilitator siswa diajarkan teknik memadamkan api hanya dengan menggunakan karung goni yang telah dibasahi dan Alat  Pemadam Kebakaran (APAR). Sumber api dimatikan dan jangan ada celah oksigen. Ada tiga cara mematikan api yaitu memakai karung goni yang basah, Apar (alat pemadam kebakaran), dan mematikan api dari regulator.

Dalam simulasi ini dipraktekan bagaimana cara memadamkan tabung gas yang keluar apinya akibat kebocoran dengan menggunakan karung goni yang telah dibasahi. Dimulai dengan memadamkan api yang menyala dalam wadah tong yang telah diisi solar dan pertalite. Pemadaman api pertama pada tong menggunakan karung goni yang basah, kemudian secara perlahan ditutupkan pada tong tersebut dengan tehnik tehnik tertentu.

Percobaan pemadaman selanjutnya menggunakan Alat Pemadam Kebakaran (APAR) dengan menyemprotkan tabung pemadam kebakaran ke arah tong yang ada apinya tadi. Terlihat para siswa dan guru mencoba cara mematikan api tersebut sesuai dengan intruksi dari fasilitator.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.