PKS KAB. SEMARANG GELAR PELATIHAN PEMBUATAN KOMPOSTER “

by February 11, 2018
INSPIRASI 0   848 views 0

Kabid Ekuintek DPD PKS Kabupaten Semarang, Ichfan menyerahkan bantuan alat komposter kepada para peserta

Reportactual.com – Ambarawa – EKUINTEK PKS Kabupaten Semarang Gelar Pelatihan Pembuatan Komposter

Ambarawa, 11 Februari 2018
Bidang Ekonomi, Keuangan, Industri, Teknologi dan Lingkungan Hidup (EKUINTEK) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Semarang menggelar pelatihan pembuatan komposter, sebuah alat sederhana untuk mengolah sampah rumah tangga menjadi pupuk, Minggu (11/2).

Bertempat di balai Rukun Warga (RW) Lingkungan Karanganyar Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang, Bidang EKUINTEK yang dikomandoi Ir. Ichfan selaku Ketua Bidangnya, menghadirkan praktisi dan pemerhati lingkungan dari Ungaran, Muhib.

Praktisi yang mempunyai hoby menanam ini telah membuat kebun mini di halaman rumahnya, baik berupa sayuran maupun tanaman obat. Selain itu, Muhib juga telah memproduksi pupuk cair hasil olahan sampah organik rumah tangga.

Berbagai peserta dari kecamatan lain, Sumowono dan Tuntang terlihat antusias mengikuti pelatihan. Pasalnya saat sesi tanya jawab, dilontarkan berbagai pertanyaan terkait pembuatan kompos tersebut, bahkan berniat untuk mengundang pembicara melakukan pelatihan serupa bagi kelompok tani di daerahnya.

Ir. Ichfan selaku Kabid EKUINTEK berpesan, “Saat ini, kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah masih minim. Melalui pelatihan ini diharapkan kesadaran mengelola sampah semakin terbangun. Bahwa dari sampah yang ada, kita pilah menjadi organik maupun anorganik. Masing-masing akan mampu menambah nilai ekonomis jika kita mampu mengolahnya”.

Di akhir acara, kepada peserta dibagikan komposter, sebuah alat pengolah sampah organik rumah tangga menjadi pupuk. Alat ini cukup sederhana, dibuat dari tong maupun ember plastik dan pipa paralon sebagai bahan dasarnya. Melalui alat ini diharapkan dalam satu bulan ke depan, masing-masing peserta mampu mengolah sampah rumah tangga menjadi pupuk yang bermanfaat untuk tanaman di sekitarnya.

Reportactual.com copy right Februari 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.