SEMINAR DAN PELATIHAN HOTS YAYASAN NUR HIDAYAH SOLO “

by December 20, 2017
Dunia Pendidikan 0   1.6K views 0

Foto Humas Nur Hidayah Solo

SEMINAR DAN PELATIHAN HOTS (Higher Order Thinking Skills)
YAYASAN NUR HIDAYAH SOLO

Reportactual.com – Solo – Senin (18/12). Bertempat di Hall N H C C Yayasan Nur Hidayah Surakarta.
Sejak pagi hari ini, Senin tanggal 18 Desember, Hall NHCC (Nur Hidayah Convention Center) mulai dipadati para guru/ustadz-ustadzah SIT (Sekolah Islam Terpadu Nur Hidayah) yang berada dalam lingkungan Yayasan Nur Hidayah Surakarta. Kehadiran para pejuang pendidikan Nur Hidayah ini meliputi para bapak dan ibu guru dari PAUDIT, SDIT, SMPIT dan juga SMAIT Nur Hidayah.

Disela-sela kesibukannya mengoreksi soal PAS (Penilaian Akhir Sekolah) dan meng-entri nilai di komputer, masa-masa penerimaan raport siswa semester 1, para ustadz-ustadzah Nur Hidayah masih tetap semangat untuk terus meng-upgrade kompetensinya dengan model atau metode pembelajaran terbaru dengan pendekatan pembelajaran level HOTS untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Hall NHCC berkaspasitas 300 orang ini terlihat terisi penuh, “penuh jumlahnya dan juga penuh semangatnya”, dimana para bapak dan ibu guru memenuhi kursi-kursi yang tersedia dari depan panggung hingga kursi paling belakang. Dibarisan kursi depan, nampak beberapa peserta eksternal Nur Hidayah  juga turut hadir  memenuhi kursi terdepan. Beberapa peserta eksternal dari Sragen, Sukoharjo dan juga dari luar Jawa yakni dari Sulawesi Tengah.

Alhamdulillan, di hari pertama panitia berhasil menghadirkan Narsum (nara sumber) JSIT Indonesia Ustadz Suhartono,M.Pd, selaku Sekjen JSIT Indonesia dan juga Pakar Pendidikan sekaligus Guru Besar FKIP UNS Profesor Dr. Rer. Nat H. Sajidan, untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman awal tentang kondisi dan tantangan pendidikan di era digital masa kini serta pengenalan awal model pembelajaran dengan pendekatan HOTS.

Disesi pertama Ustadz  Suhartono, M.Pd menyampaikan materi dengan  tema  Tantangan Pendidikan pada Abad XXI. Usai break sepuluh menit  kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua  pemaparan Prof. Dr. Rer. Nat. H. Sajidan (Guru Besar FKIP UNS). Beliau memaparkan sebuah  tema  tentang Pengertian dan Urgensi HOTS sebagai Pendekatan Pembelajaran Abad XXI.

Alhamdulillah, kegiatan Seminar di hari pertama berjalan dengan lancar dan cukup sukses, diawali dengan penyerahan Sertifikat Guru Profesional dan Penyerahan Hadiah Lomba Guru Kreatif SIT Nur Hidayah. Penghargaan dari Yayasan dan SIT yang diberikan kepada para guru ini, merupakan bentuk apresiasi yang layak kapada para guru atas jasa besar dan kinerja maksimal dalam mengajar, mendidik, membuat perencaaan pembelajaran,  membimbing, mengarahkan, menilai serta mengevaluasi seluruh proses pembelajaran dengan baik.

Insya Allah, besok pagi hingga sore dilanjutkan dengan pelatihan HOTS yang akan dipandu dan dibimbing para pakar dari UNS. Bagaimana bentuk implementasi pembelajaran dengan pendekatan HOTS ini ?.
Heiiiitttt…..sabar. Kita tunggu, yah!!!!. Jangan lewatkan yang satu ini!!!!.
Sore ini kita rehat dulu, untuk persiapan besok hari selasa 19 Desember.
OK ….. Kita jumpa lagi pertemuan berikutnya, ……… dengan para pelatih handal.

Reportactual.com Copy right Desember 2017

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.