HARI GURU NASIONAL : SEBAGAI TANDA BHAKTI SISWA SMP N I UNGARAN BASUH KAKI GURU

by November 26, 2017
Dunia Pendidikan 0   475 views 0

Perwakilan para siswa SMP Nnegeri I Ungarannampakmembasuh kaki bapak ibu guru yang merupakan sesepuh di sekolah tersebut sebagai tanda bhakti dan terima kasih murid kepada gurunya.

Laporan wartawan Reportactual.com Nur Yulianto

Reportactual.com – Ungaran – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada hari Sabtu, SMP N I Ungaran menggelar upacara bendera dengan melibatkan seluruh siswa dan para guru yang masih aktif mengajar di SMP Negeri I Ungaran ( 25/10 )

Ratusan siswa – siswi SMP negeri I Ungaran nampak mengikiti upacara dengan tertib dan khidmat, terlebih ketika Pembina upacara menyampaikan amanatnya yang bertema jasa guru sepanjang masa bagaikan pelita dalam kegelapan.

Dalam kesempatan tersebut yang bertindak sebagai Pembina upacara adalah kepala sekolah SMP negeri I Ungaran, Sukardi.

Guru ibarat Lilin yang menerangi sekitarnya, dia rela membakar dirinya demi memberikan cahaya yang ada disekelilingnya “ tutur Sukardi dalam amanatnya.

Para Guru bekerja tanpa pamrih, ia mengajarkan ilmu sehingga kalian menjadi tahu dan pintar maka pergunakanlah ilmu yang kau dapat untuk turut mencerdaskan dan membangun negeri tercinta ini “ imbuhnya.

Hormatilah gurumu karena guru adalah orangtua kalian disekolah sebagaimana orangtua kalian ketika dirumah “ tambahnya lagi.

Selain itu dalam kesempatan peringatan hari Guru itu para siswa nampak menyalami dan memberikan sekuntum mawar merah kepada semua guru sebagai tandan cinta dan hormat kepada guru.

Bahkan dua orang guru yang dituakan nampak duduk diatas kursi dan dua orang siswa dan siswi yang ditunjuk membasuh kaki kedua guru tersebut sebagai tanda bakti murid kepada para guru yang telah berjasa besar mendidik mereka dengan ilmu yang bermanfaat dan mencerdaskan bangsa.

Kegiatan membasuh kaki guru ini merupakan tanda cinta dan baktinya murid kepada gurunya, karena kami juga menganggap para murid sebagai anak – anak kami dan mereka pun hendaknya menganggap kami seperti orangtua mereka sendiri “ jelas Sukardi

Selain itu moment lain yang tidak kalah istimewa adalah kehadiran puluhan alumni SMP negeri I Ungaran yang dipimpin langsung oleh Ketua umum ikatan keluarga besar alumni SMP negeri I Ungaran ( IKA SPENSANGAR ), Wawan Hari Purwanto yang datang langsung dari Jakarta untuk menghadiri moment special hari Guru nasional di SMP negeri I Ungaran.

Disamping itu Wawan juga menyampaikan bahwa kedatangannya juga untuk berkoordinasi dengan panitia reuni akbar alumni SMP negeri I Ungaran yang akan digelar akhir bulan Desember 2017.

Dalam kesempatan tersebut para alumni juga menyalami para guru dan memberikan bunga mawar merah kepada para guru sebagai tanda hormat dan terima kasih atas jasa para guru yang telah mendidik mereka sehingga kini menjadi orang yang sukses dan berhasil.

Kami hadir untuk turut mengucapkan selamat hari guru di SMP negeri I Ungaran,kami berikan penghargaan setinggi – tingginya kepada para guru “ tutur Wawan

Lihatlah kami sekarang menjadi sukses dan berhasil semua karena jasa para guru, Guru adalah orang yang mewarnai hidup kita, guru memberikan ilmu kehidupan untuk menjadi orang yang bisa bermanfaat, turut mencerdaskan dan membangun bangsa “ tegas Wawan lagi dalam sambutannya didepan ratusan siswa SMP N I Ungaran.

Sementara itu, Nurdin Makruf selaku ketua panitia reuni Akbar SMP negeri I Ungaran yang rencananya akan digelar pada 29 – 30 Desember mendatang, menegaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan aksi spontanitas para alumni yang muncul dari lubuk hati mereka yang pernah menjadi murid di SMP N I Ungaran.

Guru adalah pelita dan penerang jalan hidup kami, sehingga kami bisa menjadi pintar dan sukses semua tidak bisa dilepaskan dari peran mulia mereka para Guru “tegasnya.

Kami hadir dan memberikan bunga mawar ini kepada para guru sebagai bentuk hormat dan cinta kami sebagai anak dan murid yang pernah mereka bimbing dengan ketulusan hati “ imbuhnya.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni SMP negeri I Ungaran, Wawan Hari Purwanto didampingi Nurdin Makruf selaku ketua panitia Reuni Akabar alumni SMP negeri I Ungaran memberikan sekuntum Mawar merah kepada Kepala sekolah SMP negeri I Ungaran, Sukardi disaksikan para guru dan ratusan siswa dalam upacara bendera hari guru nasional Sabtu, 25 November 2017 dihalaman sekolah

Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni SMP negeri I Ungaran, Wawan Hari Purwanto menyerahkan kenang kenangan kepada sekolah SMP negeri I Ungaran yang diterima oleh kepala sekolah, Sukardi

Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni SMP negeri I Ungaran, Wawan Hari Purwanto dan para Panitia Reuni Akbar SMP negeri I Ungaran berfoto bersama dengan para siswi SMP negeri I Ungaran dalam suasan penuh keakraban

Para Guru yang masih aktifmengajar di SMP negeri I Ungaran berfoto bersama

 

Reportactual.com copy right November 2017

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *