SUHERMAWAN GURU SDIT CAHAYA UMMAT RAIH JUARA PERTAMA LOMBA MACAPAT “

by November 5, 2017
Dunia Pendidikan 0   1.5K views 0

Suhermawan ( dua dari kanan ) nampak berfoto bersama dengan panitia dan dua peserta yang lainnya yang meraih juara

Laporan wartawan Reportactual.com Nur Yulianto

Reportactual.comAmbarawa- Suhermawan salah seorang guru pengajar di SDIT Cahaya Ummat Bergas berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Macapat tingkat kabupaten Semarang yang diadakan oleh JSIT Korda Semarang II ( 04/11 )

Suhermawan berhasil menyisihkan lima finalis lainnya dari beberapa SDIT yang berada disekitar kabupaten Semarang. Diantaranya SDIT Nurul Islam Tengaran, SDIT Permata Bunda Bawen, SDIT Izzatul Islam Getasan, SDIT Arrohmah Ambarawa, dan SDIT Insan Kamil Suruh.

Alhamdulillah apa yang selama ini saya tekuni bisa bermanfaat dan mendapatkan apresiasi, sehingga hal ini akan semakin memotifasi generasi muda untuk lebih mencintai budaya Jawa ” tutur Suhermawan

Kegiatan ini berlangsung di SDIT Arrohmah, RT 05 RW 01 Pojoksari, Ambarawa dan diselenggarakan oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) korda Semarang 2 yang mewadahi forum komunikasi antar Sekolah Islam Terpadu (SIT) di wilayah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga bekerja sama dengan dinas pendidikan Ambarawa.

Lomba macapat untuk jenjang guru SDIT sedangkan lomba APE untuk jenjang SMPIT. Lomba untuk guru ini digelar di SDIT Ar Rohmah Ambarawa pada hari Sabtu (4/11) dan diikuti oleh puluhan guru dari SDIT dan SMPIT.

Sebagai Juri lomba dalam lomba Macapat ini dari Dinas Pendidikan Ambarawa, Tursinah dan Sri Waluyo.

Semoga dengan diadakannya kegiatan lomba Macapat ini bisa menjadi sarana untuk lebih mencintai budaya jawa dan memotifasi guru untuk lebih kreatif dalam pembelajaran “ tutur Sri Waluyo dalam sambtannya.

Melihat penampilan para guru dalam lomba macapat dan APE ini para juri mengaku senang dan terpukau dengan penampilan para peserta. Ternyata para guru mempunyai bakat suara yang terpendam dalam membawakan tembang – tembang macapat.

Ketua panitia kegiatan, Ambar Nurwati menegaskan bahwa kegiatan Lomba Macapat dan APE ( Alat peraga Edukasi ) yang diadakan di SDIT Arrohmah Ambarawa ini bertujuan utk melestarikan budaya jawa yang mempunyai nilai seni yang sangat tinggi dan juga untuk meningkatkan daya Inovasi dan kreatifitas guru dalam mengembangkan alat peraga guru dalam kegiatan pembelajaran.

Kegiatan Lomba macapat dan APE ini dalam rangka nguri – uri kembali tembang macapat yang selama ini kurang diminati “ jelasnya.

Adapun untuk lomba APE merupakan upaya untuk merangsang dan meningkatkan potensi dan kreatifitas guru dalam mengembangkan alat peraga dalam pembelajaran yang efektif “ tambahnya.

Dijelaskan pula oleh Ambarwati, bahwa kegiatan lomba ini diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan agenda Musyawarah Wilayah ( MUSWIL ) ke 4 JSIT Indonesia untuk wilayah Jawa Tengah yang rencananya akan diadakan pada tanggal 24 – 25 November 2017 dihotel Duta Kudus dengan mengangkat tema “ Membangun soliditas dan Profesionalisme untuk Melayani “

Selain memenangkan juara pertama dalam lomba macapat, Cahaya Ummat juga meraih juara ketiga untuk lomba APE ditingkat SMPIT yang diraih Lilik Suyani salah seorang guru bahasa Inggris di SMP IT Cahaya Ummat Bergas.

Dalam lomba APE didapatkan juara sebagai berikut, Juara 1 Widiyarti (SMPIT Nurul Islam Tengaran), Juara 2 Amrih (SMPIT Izzatul Islam Getasan), dan Juara 3 Lilik Suryani (SMPIT Cahaya Ummat Bergas). Sedangkan untuk lomba Tembang Macapat sebagai Juara 1 Suhermawanto (SDIT Cahaya Ummat Bergas), Juara 2 Tasliman (SDIT Permata Bunda Bawen), dan Juara 3 Lailatul Hasanah (SDIT Izzatul Islam Getasan).

Para pemenang Juara 1 akan mewakili JSIT Korda Semarang 2 lomba di tingkat provinsi Jateng yang akan digelar di Kabupaten Kudus, 24-25 November 2017 bersamaan dengan agenda Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-4 JSIT Jawa Tengah.

Para pemenang lomba APE untuk tingkat SMPIT berfoto bersama

Suhermawan guru SDIT Cahaya Ummat Bergas ketika menerima piala juara pertama lomba Macapat

Lilik Suryani ketika menerima piala juara 3 lomba APE untuk tingkat SMP IT

Reportactual.com copy right November 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.