SMPIT NUR HIDAYAH AJARKAN SISWA MEMBEDAKAN ASAM-BASA DENGAN KERTAS LAKMUS “

by August 13, 2017
Dunia Pendidikan 0   1.1K views 0

Para siswi SMPIT Bur Hidayah Solo nampak sedang belajar membedakan asam – basa

Reportactual.com – SOLO – Siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nur Hidayah Solo mengikuti pembelajaran praktek mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Praktek IPA ini digelar di Laboratorium IPA SMPIT Nur Hidayah pada Senin (9/8). Dalam praktek kali ini, siswa belajar tentang percobaan kertas lakmus menentukkan asam-basa.

Menurut Ustadz Yusuf Mansur, S.Pd selaku pengampu guru IPA kelas VII tujuan diadakan praktek ini adalah siswa mampu memahami, menguji dan mengelompokkan larutan yang bersifat asam dan larutan yang bersifat basa dari beberapa jenis larutan dengan kertas lakmus.

Praktek ini dibagi dalam 6 kelompok, yang tiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa. Setiap kelompok disuruh membawa cairan yang berbeda-beda. Cairan ini dalam bentuk minuman jadi (minuman botol) dan kecap.

Untuk menguji asam basa pada larutan dapat digunakan indikator kertas lakmus. Kertas lakmus merah tetap berwarna merah dan kertas lakmus biru berwarna merah larutan tersebut berarti bersifat asam.

Sedangkan kertas lakmus merah akan berwarna biru dan kertas lakmus biru tetap berwarna biru itu berarti larutan tersebut bersifat basa. Larutan akan bersifat netral apabila larutan direaksikan dengan sifat asam basa dalam jumlah sama.

Faridah Aulia Nurdin salah satu siswa kelas VII E mengaku senang dengan praktek IPA ini karena semakin paham dan tahu bagaimana cara menentukan asam dan basa dengan menggunakan kertas lakmus.

Saya jadi paham cara mengetahui dan membedakan larutan asam dan basa dengan menggunakan kertas lakmus dari berbagai macam cairan “, pungkasnya.

Kertas lakmus sendiri adalah suatu kertas dari bahan kimia yang akan berubah warna jika dicelupkan kedalam larutan asam/basa. Warna yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh kadar PH dalam larutan yang ada. Warna kertas lakmus dalam larutan asam, larutan basa, dan larutan bersifat netral berbeda. Ada dua macam kertas lakmus, yaitu lakmus merah dan lakmus biru.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekar Jagad Aulia, bahwasannya dengan praktek ini bisa menambah wawasan dalam belajar membuktikan sifat-sifat asam dan basa dengan kertas lakmus.

Reportactual.com Production Agustus 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.