SMP IT NUR HIDAYAH SOLO ADAKAN PROGRAM MEMBACA SURAT AL KAHFI “

by July 28, 2017
Dunia Pendidikan 0   1.6K views 0

Para siswi SMP IT Nur Hidayah nampak sedang khusyuk membaca surat Al Kahfi

SMPIT Nur Hidayah Solo Adakan Program Membaca Surat Al Kahfi

Reportactual.com – SOLO – Jum’at (28/7) pagi Aula SMP Islam Terpadu Nur Hidayah Solo begitu ramai. Para siswa kelas 8 baik putra maupun putri yang berjumlah 191 siswa duduk berbaris rapi,pelan tapi pasti terdengar suara ayat ayat Al Quran dibacakan. Mereka bukan lagi mengikuti kegiatan Kajian Pagi, tapi mereka baru membaca Al Qur’an surat Al Kahfi. Kegiatan ini di dampingi oleh wali kelasnya masing-masing.

Bidang Pembiasaan Ibadah SMPIT Nur Hidayah Solo yang dibawah Kesiswaan mengadakan program membaca Al Qur’an surat Al Kahfi. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jum’at pagi mulai pukul 07.00-07.45 dan sudah berlangsung 1 tahun ini.

Dalam program ini para siswa diwajibkan membaca Al Qur’an surat Al Kahfi dan diakhir acara diisi uraian singkat makna dari surat Al Kahfi atau tafsirnya

Surat Al Kahfi adalah salah satu surat dalam Al quran yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika umat islam mau mengamalkan maupun membaca bahkan jika mau menghafalnya. Rasullulah menganjurkan umatnya untuk membacanya di hari jum’at atau malam jum’at. Amat disayangkan jika dewasa ini umat islam banyak yang meninggalkan Al qur’an dan enggan membacanya.

Anwar Sulistyanto, S.Pd.I selaku koordinator Bidang Pembisasaan Ibadah SMPIT Nur Hidayah mengatakan tujuan dari diadakan program ini adalah sebagai upaya untuk menghidupkan sunnah Rasulullah SAW. Surat Al Kahfi adalah salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca dan diamalkan dengan benar oleh umat Islam, pungkasnya.

Sebenarnya membaca surat Al kahfi tidak hanya baik dibaca pada hari jumat saja melainkan setiap hari. Hal ini dikarenakan hari jumat adalah hari baik bagi umat islam di seluruh dunia.

Adapun tujuan membaca Surat Al Kahfi adalah :

Pertama: Membaca Al-Kahfi pada Hari Jumat akan terhindar dari fitnah Dajjal. Sosok kejam yang akan keluar pada akhir zaman ini nantinya akan membuat kerusakan di bumi dan menebarkan fitnah kepada setiap umat Islam. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa dengan rajin membaca surat ini pada hari jumat maka akan terhindar dari fitnah tersebut.

“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,”(HR-Dailami).

Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

Kedua: Membaca Al Kahfi pada hari Jumat  adalah mendapat pengampunan dosa diantara dua Jumat. Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda, Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda:

Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Ketiga: Membaca Surah Al Kahfi pada Hari Jumat juga akan mendapat pancaran cahaya diri.

Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (HR Al-Hakim)

Keempat: Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah  Bin Mughaffal disebutkan bahwa Rumah yang dibacakan surah al-Khafi dan al Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.

Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya, dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya.

Seorang Ustadz pengajar di SMP IT Nur Hidayah nampak sedang memandu para siswa membaca surat Al Kahfi

Para Siswa SMP IT Nur Hidayah juga sedang khusyuk membaca surat Al Kahfi dengan dipandu para Ustadz nya

Para siswa dan siswi SMP IT Nur Hidayah nampak duduk berbaris rapi dan terpisah

Foto oleh staff Humas SMP IT Nur Hidayah Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.