KOPDAR RELAWAN HUMAS “NGOBROL JURNALISTIK BARENG RANIN AGUNG (SUARA MERDEKA) “

by May 15, 2017
Politik 0   580 views 0

Nur Yulianto Kabid Humas DPD PKS Kabupaten Semarang menyerahkan vandel apresiasi kepada nara sumber Wartawan Suara Merdeka, Ranin Agung dlm Kopdar Relawan Humas PKS Kabupaten Semarang Minggu, 14/05/2017

Reportactual.com – Menjelang Bulan suci Ramadhan 1438 H  bidang Kehumasan DPD PKS Kabupaten Semarang menggelar Kopdar Relawan Humas Kab. Semarang, yang diselenggarakan di Masjid Nurul Ummah, Karangjati kecamatan Bergas pada hari Minggu, 14 Mei 2017

Kegiatan tersebut berjalan dengan baik dengan antusias peserta yang merupakan delegasi dari tiap humas DPC PKS sekabupaten Semarang.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda kerja Humas kab. Semarang yang masuk dalam Rencana Kerja Tahunan ( RKT ) bidang Kehumasan.

Dalam kopdar relawan humas ini, panitia mengusung tema ” Ngobrol Jurnalistik bareng Ranin Agung (Wartawan senior Suara Merdeka )

Dalam kesempatan itu narasumber memaparkan dua materi jurnalistik dasar, yaitu materi “Membuat Rilis Jurnalistik yang Simpel” dan “Tehnik Foto Jurnalistik”

Dalam dunia Jurnalistik, kita harus mengedepankan kejujuran dalam peliputan berita, hindari berita yang terlalu dipolitisir atau dimanipulatif ” tegas Ranin.

Hal tersebut untuk menghindarkan kegaduhan ketimpangsiuran berita yang bisa timbul dari sebuah pemberitaan yang dimanipulatif ” tambahnya.

Selain itu Ranin Agung juga menjelaskan bagaimana membuat rilis sebuah berita dengan memperhatikan 5W dan 1H

Acara ini diharapkan bisa menjadi bekal relawan humas Kab. Semarang dalam menyajikan berita yang mencerdaskan masyarakat sekaligus memberikan motivasi kepada relawan humas ditingkat DPC untuk aktif mengabarkan dan mempublikasikan kegiatan strukturnya.

Bentuk kegiatan PKS lebih banyak berupa pelayanan kepada rakyat kecil,  karena PKS masih konsisten dengan visi besar kita yaitu Berkhidmat untuk rakyat,  oleh karena itu tugas humas adalah mempublikasikan dan mengabarkannya ke publik agar masyarakat tahu dan semakin dekat dengan PKS ” tegas Nur Yulianto Kabid Humas DPD PKS Kabupaten Semarang.

Dalam kesempatan itu Kabid Humas DPD PKS, Nur Yulianto juga menyampaikan sebuah materi.

Nur Yulianto menjelaskan teknik fotografi jurnalistik pemula yaitu teknik EDFAT, metode liputan jurnalistik dengan memperhatikan lima poin dalam pengambilan gambar. Yaitu Entire ( menyeluruh), Detail ( fokus ), Framing ( membingkai objek foto), Angle ( sudut pengambilan gambar),  dan Time ( membekukan gambar / momen).

Ditambah bagaimana cara mengambil gambar dengan detail dan tajam sehingga foto objek menjadi sebuah ilustrasi berita yang berkwalitas dan bernilai.

Acara yang dipandu oleh MC dari tim humas yang merupakan ketua departemen Publistas dan hubungan media, Muhammad Sugiarto dengan gayanya yang santai dan penuh keakraban.

Sebagai materi penutup dalam kegiatan kopdar relawan humas tersebut para peserta kopdar mendapatkan materi tentang desain / PKS Art yang disampaikan oleh Mustaqim pengampu PKS Art DPD PKS Kabupaten Semarang.

Untuk menindaklanjuti kegiatan ini, panitia memasukkan semua peserta dalam grup Relawan Humas PKS 2017

Reportactual.com. Production Mei 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.