CERDAS DENGAN INSTITUSI PENDIDIKAN DAN BISNIS BERBASIS TEKNOLOGI DERMATOGLYPHIC MULTIPLE INTELEGENCE “

by March 6, 2017
BISNIS 0   422 views 2

Sumber foto Lintas News.com

Bakat Center dalam Institusi Pendidikan dan Bisnis
Berbasis Teknologi Dermatoglyphic Multiple Intelegence

Reportactual.com – Setiap kita dianugerahi bakat yang inheren di dalam karakter kita sebagai pribadi. Ibaratkan jika bakat kita seperti bahan-bahan yang tersedia di alam seperti kayu,batu, logam, kapas, dan material alami lain maka cara mensyukuri berbagai anugerah tersebut maka wajib kita mendrive bakat tersebut berjalan pada jalur amalnya.

Hal ini dimaksudkan jika kita memilih jalur amal yang sesuai dengan bakat maka peluang ketercapaian prestasi puncak lebih besar. Kita tidak hanya jadi orang biasa-biasa saja, namun orang yang diharapkan berkontribusi optimal bagi kehidupan.

Jika bakat kita kayu maka jangan dipaksa menjadi sepeda karena tidak tahan lama, jika bakat kita kapas jangan paksa jadi pintu karena tidak akan kuat, bahkan jika bakat kita ibarat besi jangan dibiarkan jadi sepeda biasa saja namun desainlah jadi sepeda mahal karena besinya adalah besi terbaik.

Namun untuk mengumpulkan berbagai pengetahuan tentang bakat, karakter, kecerdasan majemuk, gaya belajar, dominasi belahan otak kanan-kiri, karakter manajemen kerja maka butuh banyak waktu dan menghabiskan sumber daya yang tidak sedikit. Sekarang ini berkembang pesat teknologi sidik jari, salah satunya DMI (Dermatoglyphics Multiple Intelligence) Talent Management.

Berbagai komponen faktorial dalam kepribadian pembelajar bisa dipelajari dan dikembangkan sesuai jalur amal/karier yang relevan. Berbagai keuntungan dapat kita peroleh selain lebih mudah dalam memetakan potensi bakat belajar peserta didik dan mengarahkan traitment-assesment-evalution dalam pembelajaran, menjadi wadah pengembangan talenta ke arah karir dan pemilihan kegiatan ekstra, bahkan bisa jadi program aktivasi para siswa dan alumni untuk info pendidikan berkelanjutan, reuni edukatif dan konsultasi karier.

Bersama Master Teguh Sunaryo mari kita nikmati pengalaman berharga ini. Maka dari semuanya keuntungan yang saya rangkum, saya menyebutnya itulah akselerasi pribadi dan lembaga dalam konteks usaha institusi pendidikan yang memperhatikan hak-hak asazi manusia dalam pembelajaran yakni Bakat dan Minat Center adalah jawabannya.

Ibarat setelah Anda mengetahui bahwa bakat inheren dalam anak Anda, maka berikutnya Anda akan membantunya dalam mendrive bakat tersebut dalam jalur minat yang on the track  menuju karir yang relatif tepat agar menemukan prestasi optimalnya hingga mencapai prestasi puncak/gemilang sebagai spesialis.

Karena setiap kita dilahirkan dengan membawa takdirnya masing-masing dan Tuhan Yang Maha Kuasa tidak mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum tersebut itu mengubah kebiasaan,karakter, dan akhlaqnya dari yang negativ menuju positif, produktif dan efektif. Bakat dan Minat Center inilah yang diharapkan sebagai media komunikasi segitiga antara guru-siswa-orang tua dalam mencapai tujuan pendidikan.

Komunikasi yang lebih terukur dan tertata dalam kontek pengembangan potensi siswa dalam pemelajaran dan karir. Semoga pelatihan ini bermanfaat tidak hanya pada skala sekolah dalam hal ini bimbingan dan konseling sekolah, namun juga skala keluarga yakni komunikasi konstruktif antara orang tua dan anak untuk merencanakan  masa depan.

Prospek Bakat dan Minat Center yaitu mitra BimKons sekolah, mengelola alumni dan potensinya, penyedia bahan diskusi antara guru dan ortu, dan pusat riset menakar potensi sumber daya manusia (Talent Coaching Clinic). Ada juga program Asistensi Sekolah dan Perusahaan Berbasis Bakat/Talenta dan Prewedding Consultant.

Penulis/Promotor : Iwan Budiono, Kontak personal 085741381201 Email onobudiwan@gmail.com

Reporctactual.com productions Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *