KOMISI I DPR RI : BERANGUS SEWORD.COM PEMBUAT BERITA HOAX DAN TDK BERMUTU “

by February 20, 2017
HUKUM 0   605 views 0

Reportactual.com – JAKARTA – Situs penyebar informasi hoax seperti seword.com kini marak beredar. Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), terdapat sekira 43 ribu situs hoax.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi I DPR Sukamta menilai situs-situs itu harus segera ditertibkan. Hal ini sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk memberangus situs penyebar informasi hoax.
Seperti kata dan anjuran Presiden, mestinya perlu ditertibkan oleh Kemenkominfo,” tutur politikus PKS ini kepada Okezone, Sabtu (18/2/2017).

Ia menilai, saat ini penanganan situs hoax seperti seword.com belum dilakukan secara sistematis. Padahal, situs yang menyebarkan informasi bohong jelas berbahaya. “Masih belum sistematis penanganannya sehingga terkesan tebang pilih,” katanya.

Sekadar diketahui, situs seword.com melakukan fitnah keji dan pencemaran nama baik. Dalam artikel berjudul ‘Bukti Anies Jatuh Dalam Kubangan Setan’ dalam website seword.com memfitnah Anies Rasyid Baswedan yang juga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menunjuk Partai Perindo sebagai pendistribusi Kartu Indonesia Pintar.

Anggota Komisi I DPR, Sukamta, menilai, pemerintah perlu menegakkan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) untuk menertibkan situs penyebar informasi hoax, seperti seword.com.

Diketahui, situs seword.com memuat sejumlah informasi bohong sehingga dapat merugikan sejumlah pihak.
Iyalah (menegakkan revisi UU ITE), tugas pemerintah menjalankan UU,” katanya kepada Okezone, Sabtu (18/2/2017).

Menurutnya, situs penyebar hoax seperti seword.com harus segera ditertibkan. Hal ini sesuai dengan imbauan Presiden Joko Widodo untuk memberantas situs hoax, termasuk seword.com. “Seperti anjuran Presiden, mestinya perlu ditertibkan oleh Kemenkominfo,” katanya.

Ia menilai, selama ini penertiban situs hoax belum berjalan dengan sistematis. Hal ini terbukti dari masih banyaknya situs penyebar hoax seperti seword.com dapat menyesatkan masyarakat. “Masih belum sistematis penanganannya sehingga terkesan tebang pilih,” katanya.

Alifurrahman S asyari , owner situs Seword.com , Pemikir sesat dan pembuat berita hoax yang meresahkan masyarakat. sumber foto SukaSaya.com

 

Sumber berita okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *