PRAMUKA SMPIT NUR HIDAYAH SOLO BELAJAR MENGENAL TANAMAN OBAT “

by February 11, 2017
Dunia Pendidikan 0   957 views 0

Para Siswi Pramuka SMP Nur Hidayah Solo, sedang mencoba menebak jenis obat obatan dengan cara di cium baunya.

PRAMUKA SMPIT NUR HIDAYAH SOLO BELAJAR MENGENAL TANAMAN OBAT

Reportactual.com –  Halaman belakang SMP Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta nampak begitu ramai dan riuh. Jum’at siang, 10 Februari 2017  sedang ada kegiatan pramuka. Untuk jadwal hari ini adalah siswa kelas 8 baik putra maupun putri.

Dalam kegiatan pramuka kali ini siswa putri khusunya sedang melakukan permainan KIM. Untuk tema  Permainan KIM kali ini adalah mengenal Apotik Hidup dan Tanaman Obat, jadi para siswa belajar mengenal Apotik Hidup/Tanaman Obat melalui permainan KIM.

Dalam permainan ini para siswa putri belajar lebih dekat tentang apotik hidup mulai dari melihat, merasa dan membau. Tiap kelompok disuruh membawa jenis-jenis bumbu dapur dan beberapa tanaman yang bisa bermanfaat sebagai obat. Menurut Dyah Purwanti selaku pembina putri pramuka SIT SMPIT Nur Hidayah mengatakan tujuan diadakan permainan ini adalah untuk mengenalkan lebih dekat kepada siswa putri agar bisa mengetahui tentang manfaat dan fungsi tanaman obat atau apotik hidup.

Sebelum dibagi perkelompok, para siswa putri dikumpulkan jadi satu dahulu untuk diberi penjelasan mengenai jenis dan kegunaannya. Seperti kegunaan jahe, sledri, jeruk purut dll. Setelah dirasa cukup, kemudian dibagi per kelompok untuk prakteknya. Dalam praktek ini para siswa putri disuruh menjelaskan satu-satu nama dan kegunaannya.

Salah seorang siswa putri, Syabina Ayu kelas 8E mengatakan ” saya sangat senang dengan diadakan permainan ini. Dengan ini kita bisa tahu dan paham lebih jelas jenis-jenis tanaman obat adan Apotik Hidup dan kegunaannya. Ini sangat menambah wawasan saya

Masing masing Siswi Pramuka SMPIT Nur Hidayah Solo mencoba menebak obat obatan dengan cara mencium baunya

Tiap kelompok Pramuka SMPIT Nur Hidayah Solo berusaha mendiskusikan pengenalan obat obatan melalui beberapa cara yg bisa dilakukan

Seorang Pramuka SMPIT Nur Hidayah nampak serius mencoba mengenali tanaman obat obatan dengan indra penciuman

Para Siswi Pramuka SMPIT Nur Hidayah Belajar bersama tanaman obat obatan dengan Fun dan ceria

Reportactual.com / Photo Didik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *