INSPIRATIF !! SMPIT NUR HIDAYAH SOLO TERAPKAN MEMBACA SURAT AL KAHFI TIAP HARI JUM’AT “

by February 3, 2017
Dunia Pendidikan 0   1K views 0

INSPIRATIF. Seorang Sisiwi tampak membaca surat Al kahfi dengan khusyu’ dan Tartil demikian pula para siswi SMPIT Nur Hidayah yang lainnya yg berada dibelakangnya, Barakallahufikum jamii’an

Reportactual.com – Jum’at pagi Aula SMP Islam Terpadu Nur Hidayah, nampak pemandangan yang berbeda dari hari hari biasanya. Ratusan siswa kelas 8 baik putra maupun putri duduk berbaris rapi dengan membawa Alqur’an dikedua tangannya, terdengar lantunan ayat ayat suci Al Quran dibacakan. Mereka bukan lagi mengikuti kegiatan Daurah Pagi, tapi mereka baru membaca Al Qur’an surat Al Kahfi. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari jum’at, 03 Februari 2017 di Kampus SMPIT Nur Hidayah, Solo

Dalam program ini para siswa diwajibkan membaca Al Qur’an surat Al Kahfi dan diakhir acara diisi uraian singkat makna dari surat Al Kahfi atau tafsirnya. Dalam kesempatan itu Ustadz Muhammad Suhadi, Lc menjelaskan tentang empat keutamaan membaca surat AlKahfi.

Pertama: Membaca Al-Kahfi pada Hari Jumat akan terhindar dari fitnah Dajjal. Sosok kejam yang akan keluar pada akhir zaman ini nantinya akan membuat kerusakan di bumi dan menebarkan fitnah kepada setiap umat Islam. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa dengan rajin membaca surat ini pada hari jumat maka akan terhindar dari fitnah tersebut.

“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,(HR-Dailami).

Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

Kedua: Membaca Al Kahfi pada hari Jumat  adalah mendapat pengampunan dosa diantara dua Jumat. Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda, Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Ketiga: Membaca Surah Al Kahfi pada Hari Jumat juga akan mendapat pancaran cahaya diri.

Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (HR Al-Hakim) 

 Keempat: Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah  Bin Mughaffal disebutkan bahwa Rumah yang dibacakan surah al-Khafi dan al Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.

Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya, dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya.

Bidang Pembiasaan Ibadah SMPIT Nur Hidayah Surakarta yang dibawah Kesiswaan mengadakan program membaca Al Qur’an surat Al Kahfi ini dilakasanakan rutin setiap hari Jum’at pagi mulai pukul 07.00-07.45 sebelum menerima pelajaran yang lainnya.

Muhammad Suhadi, Lc selaku koordinator Ibadah mengatakan tujuan dari program ini adalah sebagai upaya untuk menghidupkan sunnah Rasulullah SAW. “ Surat Al Kahfi adalah salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca dan diamalkan dengan benar oleh umat Islam “ pungkasnya.

Nampak para siswa siswi SMPIT Nur Hidayah Berbaris rapi dan tertib dengan khusyu’ mereka membaca surat Al kahfi bersama sama. Barisan siswi putri pun terpisah dibelakang barisan siswa putra ..Mantaps

Masing masing siswi membaca surat Al kahfi dengan tartil dan bersamaan. Semoga mereka semua menjadi generasi Qur’ani yg akan meninggikan kalimat kalimat Allah SWT

INSPIRATIF Para siswa SMPIT NurHidayah Solo tampak khusyu’ membaca surat Al Kahfi setiap Pagi di hari Jum’at sebelum menerima pelajaran yang lain.

Reportactual.com / Photo. Doc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *