PERINGATAN HARI GURU NASIONAL SMP ISLAM UNGARAN “

by November 28, 2022
Dunia Pendidikan 0   178 views 0

Foto doc

Reportactual.com – Jumat, 25 November 2022 – SMP Islam Ungaran menyelenggarakan kegiatan Kesenian dan Kreativitas Siswa dalam rangka pelaksanaan Program P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema Kearifan Lokal. Jumat 25/11/22 merupakan Puncak Program P5 yang dikemas bersama acara peringatan Hari Guru Nasional dengan tema “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar”.

Kegiatan ini dibuka oleh Dra. Sri Oning Arbaatiningtiyas selalu Waka Kurikulum SMP Islam Ungaran. Serangkaian acara puncak berlangsung sukses di aula SMP Islam Ungaran dengan melibatkan seluruh siswa yang didampingi oleh Mahasiswa Kampus Mengajar 4 dan Guru sebagai fasilitator.

Total ada 6 jenis tarian kelompok yang ditampilkan oleh siswa pada puncak kegiatan ini. Diantaranya tari Gambyong Semarangan, Tari Rewo-Rewo, Tari Kesatria, Tari Cendrawasih dan 2 Tari Kreasi

Adanya kegiatan ini, memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan potensi sesuai dengan minat dan bakatnya.

Hal yang tak kalah menarik dari beragam tarian yang ditampilkan oleh siswa adalah Master of Ceremony yang membawakan acara ini menggunakan 3 bahasa diantaranya bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab. Hal ini merupakan bagian dari langkah sekolah yang sedang merintis program sekolah trilingual.

Selain kesenian tari, beberapa siswa juga menunjukan kebolehannya dalam membaca puisi yang juga merupakan karya mereka sendiri.

Harapan Kepala Sekolah SMP Islam Ungaran, Bapak Hadi Widodo, S. Psi melalui kegiatan proyek ini siswa dapat mengalami proses pembelajaran secara langsung. Siswa terlibat aktif dalam merencanakan konsep kegiatan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan sesuai dengan perannya.

Pembukaan Acara Oleh Waka Kurikulum

Penampilan Tari Kesatria

Penampilan Tari Rewo-rewo

Penampilan Tari Cendrawasih

Penampilan Tari Kesatria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.