SDIT NUR HIDAYAH SOLO.. ASYIKNYA MENYUSUN NASKAH DRAMA “

by April 27, 2018
Dunia Pendidikan 0   1.2K views 0

Laporan wartawan Reportactual.com Nur Yulianto

Reportactual.com – Solo – Pagi ini cuaca cukup cerah. Meski tadi malam hujan sempat mengguyur, tetapi pagi ini mentari hangat menyapa. Sehangat semangat para siswa menjemput ilmu hari ini. Mereka tampak berseri memakai seragam batik berwarna hijau khas sekolah. Memasuki gerbang sekolah dengan ulukan salam, senyuman, dan jabat tangan dengan guru-guru piket yang menyambutnya.

Waktu di jam dinding tepat menunjukkan pukul 07.00. Bel tanda masuk kelas telah berbunyi. Hari ini (17/04/2018) para siswa kelas 5 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta mengawali belajar dengan berdoa bersama dan hafalan Al-Qur’an dengan penuh semangat. Selanjutnya mereka mengikuti kegiatan literasi kelas, menambah khazanah pengetahuan di pagi hari.

Kegiatan yang dinanti para siswapun dimulai. Ya, pembelajaran tematik bersama di aula sekolah. Di awal pembelajaran, Minuk Nihayah, S.Pd, selaku guru pengampu tematik kelas 5 menyampaikan,

Kegiatan pembelajaran tematik hari ini adalah menyusun naskah drama sesuai dengan KD 4.8 menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks non-fiksi

Setelah memahami tujuan pembelajaran dan mengetahui teknis kerjanya mereka berkelompok sesuai pembagiannya. Sejumlah 142 siswa terbagi menjadi 16 kelompok, terlihat memenuhi ruangan aula di lantai 3. Mereka membuat naskah drama yang akan ditampilkan pada pekan depan. Naskah drama yang akan ditampilkan berisi tentang Sejarah Pahlawan Indonesia. Diantaranya Pangeran Diponegoro, Jendral Sudirman, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Pattimura, Teuku Umar, Cut Nyak Dien, dan lainnya.

Penentuan judul naskah untuk masing-masing kelompok dilakukan dengan cara diundi. Mereka terlihat sangat antusias dan menikmati tugas ini. Mereka menuangkan gagasan dan imajinasinya tentang pahlawan tersebut pada lembaran kertas putih yang dibagikan. Suasana bertambah semarak saat beberapa anak terlihat tidak sabar menampilkan peran di hadapan teman temanya.

Salah satu siswi kelas 5, Zahiyah Wulan Supriyono (11) menyampaikan pengalamannya,

“Sangat mengasyikkan membuat naskah drama bersama teman-teman. Lebih paham tentang kisah perjuangan para pahlawan bangsa. Lebih heroik lagi karena kita dapat menerankan dalam pementasan dramanya.”_ Sementara Waka Humas SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi, S.Pd menuturkan,

Karakter dan nilai yang ingin dibentuk dari kegiatan ini adalah memahami dan menghayati perjuangan para pahlawan, memuncul sikap tanggung jawab, mandiri, dan sungguh-sungguh, serta memunculkan sikap cinta tanah air.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.