RUMAH ZAKAT GELAR SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA DI DESA SEMPU BLORA “

by April 27, 2018
INSPIRASI 0   876 views 0

Materi Tanggap Bencana dari BPBD Kab Blora

Laporan wartawan Reportactual.com Nur Yulianto

Reportactual.comBLORA – Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2018 Rumah Zakat melalui Komite Relawan Nusantara (KRN) menggelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Simulasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran di Desa Sempu Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora

Seperti yang diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginisiasi 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN). Tujuannya ialah membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.

Diikuti oleh puluhan peserta, Pelatihan dan Simulasi kebencanaan tersebut melibatkan petugas dari BPBD Kab Blora, dan juga dari Pemadam Kebakaran (Damkar).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kab Blora yang membawahi Satuan Pemadam Kebakaran, Pujo Catur Santoso mengapresiasi kepada Rumah Zakat yang dinilainya sangat serius melakukan kegiatan pelatihan tanggap bencana dan simulasi kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran tersebut.

Atas nama pemerintah, Satpol PP dan BPBD Kab Blora, saya ucapkan terimakasih kepada Rumah Zakat yang ikut berpartisipasi dalam peringatan (HKBN) 2018 ini. katanya disela-sela kegiatan.

Semantara itu Relawan Inspiasi Rumah Zakat, Tulus Prihadi mengatakan, dalam kegiatan ini dilakukan beberapa praktek kesiapsiagaan bencana kebakaran di antaranya bagaimana tindakan pertama saat terjadi kebakaran serta bagaimana proses evakuasi korban.

Simulasi ini ditutup dengan praktek penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) dan pemadaman api dengan karung goni sebagai keterampilan dasar yang harus dipahami seluruh peserta ketika terjadi kebakaran” katanya

Tulus menambahkan sebelum simulasi tersebut dilaksanakan, pihaknya bersama Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Blora memberikan beberapa pengetahuan dasar tentang kesiapsiagaan bencana baik bencana alamat, non alam dan bencana sosial.

Simulasi Pemadam Kebakaran dengan Karung Goni2

Reportactual.com copy right April 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.