SDIT NUR HIDAYAH LEJITKAN POTENSI DAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK “

by March 19, 2018
INSPIRASI 0   1.4K views 0

SDIT Nur Hidayah Surakarta Melejitkan potensi dan Keterampilan diri siswa

Laporan wartawan Reportactual.com Nur Yulianto

Reportactual.com – Lantunan kalam Ilahi para siswa kelas 1 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta di halaman gedung barat pada waktu pagi, merupakan sajian yang menenangkan. Sembari menunggu berkumpulnya keseluruhan siswa, mereka menunggu dengan cara memuroja’ah (mengulang) surat Al- Qur’an yang sudah mereka hafalkan di tahfidz pagi.

Selasa (13/3) para siswa kelas 1 SDIT Nur Hidayah akan mengikuti kegiatan Praktik Belajar lapangan (PBL) ke Kampung Gerabah Melikan, Wedi, Klaten.

Perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam tidak terasa membosankan karena di dalam bus, para siswa saling bersuka dengan aneka tepuk dan lagu-lagu yang mereka dapatkan dalam pembelajaran di kelas.

Sesampai di lokasi, para siswa langsung disambut dengan ramah oleh para pemandu kegiatan. Mereka dihantarkan ke aula untuk mengikuti pembukaan.

Bapak Sumilih, leader tim dari Kampung Gerabah memberikan paparan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan para siswa melalui tayangan video.

Para siswa yang berjumlah 132 dibagi menjadi kelompok putra dan putri. Mereka akan diajak belajar dan praktik tentang ketrampilan membuat kerajianan tradisional.

Menu ketrampilan pertama adalah berkreasi dengan janur. Pemandu kegiatan menerangkan asal janur berikut aneka manfaat dari janur dan pohon kelapa. Kemudian para siswa diajari cara membuat keris-kerisan.

Para siswa begitu antusias mencoba membuat keris janur sesuai arahan pemandu. Awalnya beberapa merasa kesulitan. Namun setelah berulang mencoba dan mengikuti arahan dari pemandu akhirnya mereka berhasil membuat keris janur.

Kegiatan berikutnya adalah menyusur desa Melikan yang merupakan salah satu sentra gerabah di Klaten. Para siswa dapat mengamati secara langsung aktivitas masyarakat desa Melikan yang pekerjaan sehari-harinya rerata sebagai pengrajin gerabah.

Ada yang sedang mengaduk tanah liat, ada yang sedang membakar gerabah, ada pula yang sedang melukis gerabah yang sudah jadi.

Salah satu yang menjadi tujuan tempat menyusur desa ini adalah sebuah rumah yang menyajikan ketrampilan membatik. Di sini para siswa secara bergantian diperkenankan untuk membatik. Memegang canting, membaui tinta yang dipanasi, menggoreskan canting sesuai alur gambar di kain adalah hal yang mengesankan bagi para siswa.

Hal ini terlihat dari begitu semangatnya mereka mengantri agar dapat kesempatan membatik.

Praktik selanjutnya adalah menghias gerabah. Setiap anak diberi jatah untuk menghias tempat pensil dari tanah liat. Hiasan bunga lengkap dengan tangkainya, aneka hewan ataupun buah-buahan merupakan beberapa ide yang berhasil mereka kreasikan untuk menghiasi gerabah tempat pensil.

Gerabah ini nanti akan dibakar untuk kemudian dihantar ke SDIT Nur Hidayah dan dibagikan kepada para siswa sebagai bukti hasil belajar mereka di PBL ini.

Serangkaian kegiatan bermanfaat dan menggembirakan ini berlangsung sampai tengah hari. Ketika waktu sholat tiba, para siswa diarahkan ke masjid desa untuk melaksanakan sholat berjama’ah.

Langit Nazecha Arundaya, (7th) kelas 1A mengungkapkan kepuasannya,

“Tak menyangka ternyata aku bisa juga membuat keris janur. Membatik dan menghias gerabahnya juga asyik banget. Baru kali ini mencoba dan ternyata mudah”.

Penutupan acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari SDIT Nur Hidayah kepada pihak tim Kampung Gerabah.

Pak Sumilih, selaku leader team menuturkan kesannya terhadap siswa SDIT Nur Hidayah,

Dari beberapa kali kunjungan ke Kampoeng Gerabah ini, terlihat para siswa SDIT Nur Hidayah adalah anak-anak yang baik, penuh semangat dan terjaga ibadahnya”.

Ustadz Sugeng Sugiharto, S. Ag selaku ketua panitia sekaligus koordinator paralel kelas 1 menyampaikan,

“Kami ingin mengenalkan salah satu kerajinan tradisional yakni gerabah. Kegiatan ini selain mengajarkan kreatifitas siswa, kesabaran dalam proses, keberanian mencoba, mengembangkan ketrampilan motorik anak, juga menambah wawasan siswa akan kayanya budaya luhur bangsa Indonesia”.

Waka Humas SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi, S. Pd, menandaskan,

“SKL (Standart Kelulusan ) kekhasan Sekolah Islam Terpadu (SIT) diantaranya adalah, melakukan ibadah dengan benar, memiliki wawasan yang luas dan memiliki keterampilan hidup (life skill) telah terakomodasi dalam rangkaian kegiatan PBL kelas 1 SDIT Nur Hidayah ini. Saya sangat mengapresiasi atas upaya para asatidz memilihkan kegiatan dan mengkreasinya sehingga mengoptimalkan proses pembelajaran siswa untuk mencapai SKL kekhasan SIT”.

Belajar membatik

Pembelajaran sholat Berjamaah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.