FEBRUARI PUNCAK BENCANA ALAM, MASYARAKAT JATENG DIHIMBAU WASPADA “

by February 23, 2018
Jawa Tengah 0   1.1K views 0

Foto ilustrasi

Reportactual.com – Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Tengah Hadi Santoso berharap masyarakat di Jateng senantiasa waspada terhadap kemungkinan bencana alam yang terjadi.

“Yang pertama, saya turut berduka cita atas peristiwa longsor di Desa Pasir Panjang, Salem Brebes, dan kami imbau masyarakat Jateng diharapkan selalu waspada dan bekerja sama, karena Februari ini adalah puncak bencana dan Jateng adalah daerah rawan bencana, papan selam dan tanah longsor, “katanya dalam keterangannya pada Jumat (23/2/2018) di Kota Semarang.

Hadi juga mengimbau masyarakat untuk tidak berada di lokasi bencana, karena lama kemungkinan penyerapan longsor susulan.

“Semoga hujan deras, bahan longsor yang labil akan bisa terjadi longsor susulan,” kata legislator Partai Keadilan Sejahtera ini.

Lebih lanjut, Hadi menyebut kelebihan ada 19 kejadian bencana alam yang terjadi di Jateng hingga Kamis (22/2/2018). Dengan rincian 9 kejadian tanah longsor, enam kejadian puting beliung dan empat kejadian banjir.

“Bencana yang dimaksud korban jiwa dan kerusakan infrastruktur, ada lagi rumah dan satu sekolah rusak, dua tanggul jebol dan ratusan hektar lahan terendam,” kata Hadi.

Sebagai informas, bencana alam tanah longsor yang terjadi pada Kamis (22/2/2018) di Kecamatan Salem, Brebes menyebabkan lima orang meninggal dalam bencana longsor yang terjadi di kawasan tersebut.

Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana korban lima adalah Karsini, Sapto, Wati, Radam, dan Kiswan.

Selain korban meninggal, bencana alam ini juga 15 orang hilang dan 14 orang terluka. Hingga kini, tim SAR gabungan terus melakukan evakuasi korban longsor.

Saat ini, pencarian korban longsor dilakukan oleh Tim SAR gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, PMI, Tagana, relawan, dan masyarakat.

BPBD Kabupaten Brebes sedang naik daun status status tanggap darurat bencana longsor kepada bupati Brebes. Rencana masa tanggap darurat selama 14 hari mulai diberlakukan 22 Februari 2018 sampai 7 Maret 2018. Status tanggap darurat diperlukan untuk pelengkap akses darurat darurat.

Dijelaskan, lokasi longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, termasuk kategori zona rawan sedang sampai tinggi longsor. Mahkota longsor dari perbukitan di hutan produksi Perhutani BKPB Salem Petak 26 PlRPH Babakan longsor kemudian menimbun sawah di bagian bawah.

Sebelumnya, peristiwa bencana alam banjir dan tanah longsor juga terjadi di sekitarnya, seperti di Brebes dan Kota Tegal.

Sumber Jateng Pks.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.