PENANAMAN POHON TABEBUYA SEBAGAI SIMBOL POHON IKA SPENSANGAR “

by January 8, 2018
INSPIRASI 0   1.4K views 0

Ketua IKA Spensangar, Wawan Hari Purwanto ketika memberikan sambutan sebelum penanaman pohon Tabebuya

Laporan wartawan Reportactual.com Nur Yulianto

Reportactual.com – Ungaran – Salah satu kegiatan yang menjadi sorotan utama dalam Reuni akbar Alumni SMP Negeri I Ungaran yang berlangsung selama dua hari, Jumat – Sabtu, 29 hingga 30 Desember 2017 yang lalu, adalah moment penanaman pohon IKA Spensangar yaitu pohon Tabebuya disebagian area di kompleks SMP Negeri I Ungaran.

Penanaman pohon tabebuya secara simbolis dilakukan pada hari pertama pelaksanaan Reuni akbar, tepatnya setelah para peserta karnaval budaya telah sampai dihalaman SMP negeri I Ungaran.

Ketua panitia reuni akbar, Nurdin Makruf turut hadir  dan membersamai para peserta dalam kegiatan penanaman pohon IKA tersebut.

Ini adalah bentuk kepedulian kita kepada kelestarian alam dan upaya untuk terus mengobarkan perlawanan terhadap segala bentuk pencemaran udara “ jelas Nurdin

Kami memilih Pohon tabebuya ini karena pohon tabebuya ini mampu menyerap sejumlah limbah udara yang berkeliaran dilingkungan sekolah khususnya, serta akan mengeluarkan kuntum bunga yang sangat indah sehingga akan memanjakan pandangan mata kita ketika melihatnya, secara tidak langsung itu akan memberikan effek rileksasi dan refresh otak kita disamping ini adalah bukti kongkret kita untuk lebih menghargai alam “ tuturnya kembali.

Sebelum penanaman pohon tabebuya sempat diadakan seremonial singkat dimana Ketua umum Ikatan Keluarga Alumni SMP Negeri I Ungaran, Wawan Hari Purwanto memberikan sambutan sekaligus kata pengantar tentang maksud dan tujuan dipilihnya pohon tabebuya sebagai pohon IKA Spensangar dalam perhelatan Reuni akbar yang perdana ini.

Kita ingin memberikan nafas kehidupan karena pohon adalah simbol kehidupan mengikat air, memberikan oksigen, mengikat Co2 dan akhirnya memberikan kecerdasan. Oleh karena itu generasi yang banyak menghirup oksigen yang sehat maka akan tumbuh menjadi generasi yang cerdas berbeda dengan mereka yang terlalu banyak menghirup Co2 karena polusi kendaraan bermotor akan terganggu dalam kecerdasan otaknya “ Jelas Wawan dalam sambutannya.

Oleh karena itu penanaman pohon tabebbuya ini dilingkungan sekolah merupakan salah satu upaya kita untuk menjaga keseimbangan alam, memelihara kecukupan oksigen dan air sehingga kecerdasan didalam proses belajar mengajar akan tetap terjaga seimbang dan akhirnya melahirkan generasi yang cerdas, berbudi pekerti yang luhur, serta bisa mengembang amanat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini bisa terus berlangsung dari generasi ke generasi dan inilah salah satu upaya IKA Spensangar untuk berkontribusi untuk menyambung dan menjaga nafas kehidupan NKRI tercinta ini “ imbuh Wawan kepada Reportactual.com.

Disamping itu Kepala sekolah SMP negeri I Ungaran Sukardi juga berkesempatan memberikan sambutan mewakili instansi sekolah yang telah mengantarkan sekitar 56 angkatan sejak 1961.

Ini adalah sebuah simbol kelestarian alam untuk melanggengkan generasi harapan bangsa untuk terus berkontribusi memberikan yang terbaik untuk negeri tercinta “ sambut Sukardi.

Pohon Tabebbuya ini akan bermanfaat untuk generasi  selanjutnya, pada saatnya nanti ia akan berbunga dan memberikan keindahan dilingkungan sekolah yang kita cintai ini “ tambah Sukardi

Penanaman pohon tabebuya sebagai simbol pohon IKA dilakakukan secara simbolis oleh Sukardi dan Wawan Hari Purwanto dengan disaksikan puluhan guru, siswa dan para alumni lintas generasi yang hadir pada kegiatan tersebut.

Pohon tabebuya sendiri merupakan jenis pohon yang sering dipergunakan sebagai pohon peneduh pada area taman rumah, taman trotoar ataupun taman perkantoran. Pada saat musim kemarau akan mengeluarkan bunga yang dapat membuat orang merasa excited. Bunga-bunga yang mekar dan tumbuh dapat menutupi semua bagian ranting-rantingnya, hingga sekilas terlihat seperti bunga sakura yang tumbuh dijepang.

Ketika itu tampilannya sangat berubah signifikan yang awalnya hanya ditumbuhi daun akan berubah menjadi pohon yang ditumbuhi ribuan kuntum bunga yang akan membuat mata terpesona akan keindahannya.

Kepala sekolah SMP N I Ungaran, Sukardi memberikan sambutan sebelum penanaman pohon Tabebuya dihalaman sekolah dalam Reuni Akbar Alumni SMP N I Ungaran, Jum’at – Sabtu, 29 – 30 Desember 2017

Pohon Tabebuya yang akan ditanam diserahkan dari ketua Umum IKA Spensangar, Wawan Hari Purwanto kepada Kepala sekolah SMP N I Ungaran, Sukardi untuk ditanam

Prosesi penanaman pohon Tabebuya dalam Reuni Akbar Alumni SMP N I Ungaran, Jum’at – Sabtu, 29 – 30 Desember 2017

Penanaman pohon Tabebuya dilakukan oleh Kepala sekolah SMP N I Ungaran, Ketua Panitia Reuni Akbar dan Ketua Umum IKA Spensangar dalam Reuni Akbar Alumni SMP N I Ungaran, Jum’at – Sabtu, 29 – 30 Desember 2017

Ketua Umum IKA Spensangar, Wawan Hari Purwanto berkesempatan menaburkan media tanam ke pohon Tabebuya dalam Reuni Akbar Alumni SMP N I Ungaran, Jum’at – Sabtu, 29 – 30 Desember 2017

Kepala sekolah SMP N I Ungaran, Sukardi juga menaburkan media tanam ke pohon tabebuyadalam Reuni Akbar Alumni SMP N I Ungaran, Jum’at – Sabtu, 29 – 30 Desember 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.