SMPIT NUR HIDAYAH GELAR PEMILIHAN KETUA OSIS BARU SECARA LANGSUNG “

by November 3, 2017
Dunia Pendidikan 0   1K views 0

Proses penghitungan suara pemilihan ketua OSIS SMP IT Nur Hidayah Solo

Laporan wartawan Reportactual.com Nur Yulianto

Reportactual.com – SOLO – Selasa,(31/10) bertempat di Aula SMP Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta telah berlangsung pemilihan Ketua OSIS. Pemilihan ini diikuti oleh seluruh murid dari kelas 7-9 dan guru karyawan. Dengan jumlah DPT 636 ( 563 siswa dan 73 guru karyawan).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin sekolah Bidang Kesiswaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada murid belajar berdemokrasi. Mereka diberi kesempatan memilih dan dipilih secara langsung.

Ada 2 kandidat calon ketua OSIS kali ini mereka adalah Muhammad Ilham Kholid dan Anas Wicaksono. Setiap  siswa bergantian memberikan hak suaranya  di mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX  termasuk Guru dan Karyawan, sehingga proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap dapat berjalan dengan baik, tersedia beberapa bilik suara bagi pemilih, sehingga pemilihan ketua OSIS dijamin kerahasiannya.

Sistem yang digunakan dalam pemilihan Ketua OSIS kali ini mengadopsi sistem yang biasa digunakan oleh KPU dalam pemilhan umum, dimana setiap pemilih diberikan selembar kertas suara yang diberi nomor sesuai dengan nomor urut yang dimiliki oleh masing-masing calon.

Selanjutnya pemilih memberikan hak suara dengan cara mencontreng salah satu nomor sesuai dengan nomor urut Calon Ketua OSIS yang dijagokan, dan setelah itu surat suara yang telah dicontreng dimasukan ke dalam kotak suara. Untuk menghindari adanya pemilih ganda, setiap usai memberikan hak suaranya para pemilih wajib mencelupkan jari kedalam wadah yang berisi tinta.

Diharapkan dari kegiatan ini muncul kesadaran pada diri dan pribadi murid SMPIT Nur Hidayah terhadap pentingnya memilih pemimpin yang layak dipimpin dan siap memimpin dengan kaidah dan aturan yang dicontohkan Rasullullah SAW. Di sisi lain diharapkan murid yang tidak menjadi pemimpin siap menjadi orang yang dipimpin dengan tetap memperlihatkan kontrol dan kritis terhadap setiap kebijakan yang diambil pimpinannya.

Hal ini diupayakan dengan sungguh-sungguh sehingga organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) akan menjadi ajang pelatihan yang sesungguhnya bagi para murid.

Sebelum pemilihan berlangsung, 2 kandidat Ketua OSIS ini saling memaparkan visi dan misii dalam Debat yang diselenggarakan Jum’at (13/10) dihadapan ratusan siswa dan puluhan guru. Masing-masing kandidat yang berasal dari kelas delapan ini, tidak mau kalah beradu argumen. Namun, tetap dalam suasana damai dan tenang. Visi dan misi yang diusung, tidak lain untuk memajukan dan memberikan hal yang terbaik untuk sekolah.

Itulah pesta demokrasi yang dilaksanakan SMPIT NUR HIDAYAH dalam memilih calon Ketua OSIS sekolahnya periode 2017/2018. Pemilihan ini memang diadopsi seperti pemilihan umum (pemilu) pada umumnya.

Kepala SMPIT Nur Hidayah Solo, Ustadz Zuhdi Yusroni, M.Pd berpesan bagi kandidat ketua OSIS yang bersaing diharapkan dapat  menerima apapun hasil yang diperoleh dalam proses pemilihan yang dilaksanakan. Selain itu Ketua OSIS yang nantinya terpilih  diharapkan mampu menjadi sosok yang bisa memimpin dan memberikan yang terbaik bagi Organisasi SMPIT Nur Hidayah ini, serta memberi teladan yang baik bagi temannya.

Lewat pemilihan ini, kita ingin membangun budaya dan kultur demokrasi. Mengajari anak untuk belajar memilih calon pemimpin sesuai dengan hati nurani, membangun perbedaan, menghagai setiap pendapat dan menerima hasil pemilihan. Apapun hasilnya, sehingga siswa yang tidak terpilih bisa menerima dengan lapanga dada,” pungkas beliau.

Layaknya pemilihan sesungguhnya, ada kotak suara dan pencetakan kartu pemilih dengan gambar dua calon kandidat ketua OSIS SMPIT NUR HIDAYAH.

Anas Wicaksono no urut 2 terpilih sebagai Ketua OSIS SMPIT NUR HIDAYAH meraih suara terbanyak yaitu 446 suara, dari 615 pemilih.

Anas, begitu panggilan akrab dari Anas Wicaksono mengungguli Muhammad Ilham Khalid yang hanya meraih 139 suara. Sementara itu, ada 30 abstain diantaranya karena rusak dan tidak dicoblos.

Didalam sambutannya ketua OSIS terpilih Anas mengatakan, akan bekerja memimpin OSIS dengan sebaik mungkin dan juga tak lupa meminta kerjasama teman teman semua dalam memajukan kegiatan dan program OSIS. Sementara itu Ilham ,menerima dengan hati terbuka atas semuanya ini dan dia mengatakan akan mengawal, mendukung dan mensupport apa yang akan diprogramkan OSIS yang akan datang.

 

Copy right Reportactual.com November 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.