INSPIRATIF..GUBERNUR ACEH PILOTI SENDIRI PESAWAT PRIBADINYA UNTUK PANTAU PEMBANGUNAN DIWILAYAHNYA “

by November 2, 2017
INSPIRASI 0   955 views 0

Foto Doc.

Reportactual.com – Aceh – Sungguh Inspiratif dan bisa dijadikan contoh yang baik, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam memantau pembangunan diwilayahnya menggunakan pesawat pribadinya sendiri, bahkan pilotnya juga dirinya sendiri.

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf terkenal dengan kepiawaiannya membawa pesawat terbang. Saat melakukan kunjungan kerja ke daerah-daerah pun, dia menunggangi burung besi miliknya. Biaya yang keluarkan hanya Rp 1,1 juta untuk kunjungan ke 10 kabupaten/kota.

“Perjalanan tersebut hanya menghabiskan biaya sebesar Rp 1.125.000, untuk membeli 125 liter Pertamax sebagai bahan bakar pesawat Shark Aero buatan Slowakia miliknya,” kata Karo Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin saat berbincang dengan detikcom, Kamis (2/11/2017).

Perjalanan Irwandi ke 10 daerah dilakukan sejak 25 sampai 30 Oktober 2017. Dia memiloti sendiri pesawat miliknya. Irwandi terbang bersama Ketua Pengendali dan Percepatan Kegiatan (P2K) APBA Aceh Taqwallah. Pesawat yang dibelinya sebelum menjabat Gubernur Aceh ini memang berkapasitas dua orang.

Menurut Mulyadi, biaya yang dikeluarkan Irwandi untuk berkunjung ke daerah dengan menggunakan pesawat merupakan sebuah langkah penghematan. Jika pakai jalur darat, biaya yang harus dikeluarkan tentu lebih besar karena melibatkan pengawalan.

“Ada 10 kabupaten dan kota yang dikunjungi oleh gubernur untuk meninjau proyek-proyek APBA dan Otsus tahun 2017 dengan biaya yang sangat murah, dan ini tidak bisa dilakukan jika bukan dengan pesawat terbang,” jelas Mulyadi.

Sebagai contoh, perjalanan gubernur dari Banda Aceh ke Aceh Tenggara, jika dilakukan dengan jalan darat akan menghabiskan biaya per mobil sekitar Rp 1 juta. Biaya itu belum termasuk untuk sejumlah mobil lain yang ikut mengiringi rombongan. Biasanya, untuk sekali melakukan perjalanan melalui jalur darat menghabiskan biaya hingga puluhan juta.

“Dengan menggunakan pesawat, konvoi kendaraan tidak dilakukan, karena gubernur langsung ke daerah tujuan via udara dan setiba di lokasi langsung menggelar pertemuan dengan bupati/wali kota setempat dan melakukan peninjauan proyek-proyek pembangunan,” ungkap Mulyadi.

Perjalanan yang dilakukan Irwandi ke 10 kabupaten/kota itu berjarak tempuh sejauh 1.700 km dan menghabiskan total waktu 6,5 jam terbang. Irwandi bergerak ke daerah melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh.

Perjalanan hari pertama dilakukan ke Kabupaten Simeulu kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Singkil, Kota Subulussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, Kota Langsa, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Aceh Tengah, Sabang dan kembali ke Bandara SIM.

Sumber berita Detiknews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.