AKHIRNYA.. ANIES – SANDI RESMI DILANTIK UTK PIMPIN JAKARTA “

by October 16, 2017
Politik 0   974 views 0

Foto Doc

Reportactual.com – JAKARTA – Akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (16/10/2017).

Pelantikan itu berdasarkan‎ Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 83/P/2017 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur dengan Masa Jabatan 2017-2022. Acara pelantikan sendiri berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB. Sementara itu, pengucapan sumpah jabatan dibimbing langsung oleh Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur dan  Wakil Gubernur DKI dengan sebaik-baiknya dan seadil adilanya. Memegang teguh Undang Undang Dasar Negara RI Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” ucap Anies-Sandi.

Usai dilantik Kepala Negara, pasangan Anies-Sandi dijadwalkan akan menuju Balai Kota dan dilanjutkan dengan sidang paripurna DPRD. Dalam sidang paripurna ini, Anies-Sandi akan membacakan visi misi mereka.

Sesuai budaya yang diterapkan Istana Negara, Anies-Sandi melakukan kirab kebudayaan bersama Presiden Jokowi dengan berjalan dari Istana Medeka k‎e Istana Negara.

Ada dua pesan yang ingin ditonjolkan melalui kirab budaya tersebut. Pertama, Presiden Jokowi ingin menunjukkan rasa respek dan penghargaannya kepada gubernur dan wakil gubernur sebagai pemimpin daerah.

Kedua, mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin mengingatkan bahwa pemerintah daerah bukanlah terpisah dengan pemerintah pusat. Pemerintah daerah merupakan wakil pemerintah pusat di seluruh penjuru Indonesia. Sebab itu, kirab budaya itu menunjukan nilai-nilai sinergitas, mengayomi dan tanggung jawab.

Sejumlah pejabat hadir dalam acara pelantikan ini seperti sejumlah menteri di Kabinet Kerja Jokowi-JK hadiri pelantikan ini. Selain itu, hadir pulu Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah serta anggota DPR lainnya.

Tak ketinggalan juga, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid serta sejumlah anggota DPRD DKI yang di antaranya Abraham Lunggana (Lulung) juga hadir. Dengan demikian secara sah, Jakarta punya pemimpin baru.

Sumber Okezone news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.