WOUWW..SKYTRAIN KERETA API TANPA AWAK PERTAMA DI INDONESIA “

by July 21, 2017
Nasional 0   1.1K views 0

Foto Doc / Istimewa

Reportactual.com – Skytrain atau automated people mover system (APMS) Bandara Soekarno-Hatta diklaim menjadi kereta tanpa awak pertama di Indonesia.

Skytrain tersebut mengaplikasi sistem automated guideway transit (AGT) berpenggerak otomatis yang memungkinkan kereta berjalan tanpa masinis.

Di Indonesia pertama kali kereta tanpa awak,” ungkap Manager Publik Relation PT Angkasa Pura II Yado Yarismano, Jumat (21/7/2017).

Menurutnya, meski sedianya skytrain tidak memerlukan awak masinis untuk mengendalikan kereta, namun saat pengoperasian pada fase pertama yang akan menghubungkan terminal 2 ke terminal 3, skytrain masih akan melibatkan masinis.

Uji coba masih pakai masinis, masih disopirin. Agustus juga masih pakai masinis. Karena masih semacam dites buat kepastiannya,” ujarnya.

Sementara itu, diakui Yado, masinis baru tidak akan lagi dioperasikan ketika skytrain telah beroperasi penuh. Saat skytrain dari terminal 1 hingga terminal 3 sudah bisa terhubung.

Nanti (tanpa masinis) driverless-nya kalau sudah full operation,” pungkasnya.

Seperti diketahui, saat ini AP II tengah mengebut target pengoperasian skytrain fase pertama bisa dilakukan pada Agustus 2017 mendatang. Sementara proyek fase selanjutnya yang menghubungkan terminal 1 ke terminal 2 masih saat ini masih dalam pembangunan infrastruktur. Ditargetkan skytrain akan beroperasi secara keseluruhan di tahun ini.

Sumber berita Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.