SMPIT IZZATUL ISLAM GETASAN MERIAHKAN HARI KARTINI DENGAN FESTIVAL DOLANAN ANAK “

by April 21, 2017
Dunia Pendidikan 1   1.6K views 0

Para siswa dan siswi SMPIT Izzatul Islam nampak sedang bermain dolanan anak dalam rangkan memperingati Hari Kartini ( 21/04/2017 )

Peringati Hari Kartini, SMPIT Gelar Festival Dolanan

Reportactual.comGetasan-Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari ini. termasuk instansi danlembaga pendidikan seperti SMPIT Izzatul Islam Getasan yang menggelar festival dolanan tradisional, Jumat (21/4) di lapangan sekolah setempat. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2017.

Permainan tradisional yang dimainkan antara lain petak umpet, gobak sodor, suda manda, benthek, dan bethengan. Ratusan siswa yang mengikuti acara ini sangat menikmati dan antusias. Festival permainan tradisional digelar setelah dilaksanakan upacara peringatan Hari Kartini di lapangan sekolah.

Dwi Pujiyanto, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan mengatakan bahwa selain untuk memperingati hari kartini, festival dolanan tradisional digelar untuk memberikan alternatif permainan yang mendidik bagi siswa dan melestarikan budaya jawa di era globalisasi ini. “Festival dolanan tradisional bertujuan untuk memberikan alternatif permainan yang murah dan mendidik bagi siswa dimana pada masa ini mulai ditinggalkan,” katanya.

Anak-anak pada masa kini lebih senang bermainan permainan modern. Mereka seringkali menghabiskan waktunya untuk bermain Playstation (PS), game online, dan Gadget. Sehingga membuat mereka asyik sendiri dan akhirnya membentuk sifat individualis. Maka membumikan permainan tradisional ini menjadi sangat penting agar orang jawa tidak kehilangan budaya aslinya ” tambahnya

Reportactual.com Prosuctions April 2017

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.