TIM BK SMPIT NUR HIDAYAH SOLO ADAKAN TRAINING KONSELING DAN TEACHING “

by April 13, 2017
Dunia Pendidikan 0   1.2K views 0

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari Selasa-Rabu, (11-12/4) di ruang kelas 7F dan diikuti sekitar 29 siswa baik putra maupun putri dari kelas 7-8 SMPIT Nur Hidayah. Ke 29 Siswa tersebut adalah siswa yang terbaik akademiknya yang proses pemilihannya melalui seleksi oleh wali kelas dan TIM BK

TIM BK SMPIT NUR HIDAYAH ADAKAN TRAINING
Reportactual.com – SOLO – Sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa , TIM Bimbingan Koseling ( BK ) SMP Islam Trrpadu  Nur Hidayah Surakarta mengadakan kegiatan “Peer Fasilitator Training” atau Pelatihan Fasilitator Sebaya (Al Muyassir).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari Selasa-Rabu, (11-12/4) di ruang kelas 7F  dan diikuti sekitar 29 siswa baik putra maupun putri dari kelas 7-8 SMPIT Nur Hidayah. Ke 29 Siswa tersebut adalah siswa yang terbaik akademiknya yang proses pemilihannya melalui seleksi oleh wali kelas dan TIM BK. Mereka terpilih dari berbagai aspek, meliputi ibadah, akademik, sikap, dan sosial.

Dalam Trainning ini Tim Bk menghadirkan 3 narasumber, yaitu  Agus Tri Susilo M.Pd (Dosen Bimbingan dan Konseling FKIP UNS ),  Muh. Shofi Al Mubarok, S.Sos., M.PI ( Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda, Gondangrejo, Karanganyar ) dan Haryani, S.Pd ( Waka Kurikulum SMP IT Nur Hidayah)

Training ini menggabungkan nuansa ketrampilan konseling dan teaching kepada siswa yang terpilih dan para siswa tersebut disebut sebagai Al Muyassir.

Tujuan dari diadakan training ini adalah Untuk meningkatkan ketrampilan siswa tentang cara menjadi fasilitator teman sebaya dan melatih ketrampilan komunikasi dan interaksi sosial yang positif

Adapun tujuan dari Al Muyassir itu sendiri adalah Membantu siswa dalam menyelesaikan masalah akademik , sosial dan pribadi, membantu guru mata pelajaran dan guru BK dalam memperlancar Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah

Menurut Koordinator TIM BK SMPIT Nur Hidayah, Agit Purwo Hartanto, S.Pd Al Muyassir adalah ketrampilan yang diasah dengan menggabungkan nuasa ketrampilan dasar konseling dan teaching pada siswa terpilih menjadi Al Muyassir yang  mampu membantu siswa sebagai asisten guru dalam menyelesaikan permasalahan akademik, sosial dan pribadi.

Selain itu juga sebagai model siswa yang menginspirasi siswa lain di SMPIT Nur Hidayah, program ini merupakan adopsi ide kurikulum tahun lalu (peer teaching) yang kemudian dikembangkan oleh Tim Bimbingan dan Konseling” pungkasnya.

Adapun  keunggulannya yang sekarang ditambah kemampuan terapi psikologis berupa ketrampilan dasar  konseling dan konsultasi, sehingga diharapkan disamping menjadi tutor, juga memiliki ketrampilan dasar konseling serta menginspirasi.

Ini juga dapat diharapkan ketika siswa kelas 8 naik menjadi kelas 9 bisa di kembangkan oleh tim TOP UN untuk membantu siswa yang under/rendah nilainya dengan pola yang telah dibiasakan.

Narasi Staff Humas SMPIT  Nur Hidayah
Didik Hariyanto

Reportactual.com Productions April 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.