BANGUN KOMUNITAS BISNIS KERAJINAN DAUR ULANG ENCENG GONDOK “

by March 2, 2017
BISNIS 0   1K views 1

Sumber foto http: www.pahlawanekonomi.com

Bangun Komunitas Bisnis Handmade Produk Daur Ulang

Reportactual.com – Masalah lingkungan perairan air tawar akibat ledakan pertumbuhan enceng gondok merupakan tantangan nyata bagi kehidupan masyarakat dan organisme hayati. Akibat limbah organik dan an organik dari pabrik, sawah, rumah tangga yang masuk ke perairan menyebabkan melesat jumlah populasi organisme enceng gondok tidak terkendali. Dampaknya, pertumbuhannya bisa menutupi daerah perairan sehingga terjadi penurunan jumlah organisme lain seperti ikan, udang dan kerang karena berkurang oksigen dan plankton di perairan.

Studi kasus di Kabupaten Semarang yakni Rawa Pening sebagai perairan yang rawan ledakan populasi enceng gondok. Persoalan ini memang tidak berhenti jika bagian hulu persoalan ini tidak terselesaikan. Sehingga saya dan tim berinisiatif membuat terobosan meski tidak baru namun diharapkan bisa menolong sahabat yang memiliki persoalan yang sama.

berbagai kerajinan dari bahan dasar enceng gondok sumber foto ayunasti.wordpress.com

Kami menawarkan pelatihan dalam format produksi, contoh pemasaran yang berbasis formal, informal dan nonformal serta pengembangannya. Berbagai info tentang komunitas, pengembangan, kerjasama dan jenis produk bisa dilihat di website www.kerajinanambarawa.com.

Sebagai bagian produk kami mulai dari sandal, tas, tempat sampah, replika becak, replika kereta dan mobil kualitasnya tidak kalah dengan produk Yogyakarta. Pada modifikasi pemasaran formal dan informal kami bekerjasama dengan elemen Pemerintah Daerah (Bappeda, Disperindag, Ekonomi dan Koperasi) maka kami aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan bazar dan pameran dalam dan luar kota, baik di tingkat propinsi dan kabupaten/kota.

Sedangkan pada pemasaran nonformal kami bekerjasama dengan swasta, LSM dan masyarakat. Salah satunya dengan pemasaran secara online berbasis market place.

Semoga ini bisa menjadi solusi di dalam menjadi jawaban atas permasalahan lingkungan yang kompleks yakni antara menurunnya kualitas lingkungan hidup dan menjawab solusi terhadap meningkatnya jumlah komunitas pengangguran di daerah.

Membuat industri rumah tangga yang ramah dan peduli lingkungan, membuka jasa kursus pelatihan di daerah lain, jalan untuk menggiatkan usaha desa wisata dan bisnis serta menggairahkan sector riil ekonomi UKM.

Penulis/Promotor : Iwan Budiono, Kontak personal 085741381201 Email onobudiwan@gmail.com

Reportactual.com productions Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *