SHUBHANALLAH..RATUSAN SANTRI TKIT CAHAYA UMMAT IKUTI MANASIK HAJI “

by February 12, 2017
Dunia Pendidikan 0   1K views 0

Anak anak TKIT Cahaya Ummat tampak bersemangat melakukan Sa’i yaitu berlari lari kecil dari bukit Shofa ke Bukit Marwa

Reportactual.com – Keluarga Besar TKIT Cahaya Ummat kembali mengadakan Pelatihan Manasik Haji untuk semua siswa siswinya, yang meliputi KBIT Cahaya Ummat, TK A dan TK B TKIT Cahaya Ummat yang kurang lebih berjumlah sekitar 140 santri.

Kegiatan manasik haji ini dilaksanakan pada hari Sabtu pagi, 11 Februari 2017 dimulai jam 09.00 hingga siang hari sekitar pukul 13.00 wib dengan mengambil lokasikegiatan di lapangan kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.

Anak anak berpakaian serba putih, begitu pula para guru pembimbing dan pemandu kegiatan pelatihan Manasik haji, layaknya orang yang hendak menunaikan haji sungguhan. Pada awalnya rombongan berkumpul di kampus TKIT Cahaya Ummat yang terletak di Dusun Gembongan kelurahan Karangjati Bergas, setelah diadakan koordinasi  rombongan Manasik haji TKIT Cahaya Ummat diberangkatkan menuju Lapangan Kecamatan Bergas dengan menggunakan Puluhan mobil Pribadi para orangtua walimurid yang turut hadir mendampingi putra putri mereka.

Sebelum prosesi urut – urutan ibadah haji dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan acara pembukaan, kemudian dilanjutkan sambutan kepala sekolah TKIT Cahaya Ummat, Yunita Mauliya Astuti, Sambutan UPTD Bergas, Sulistyono, Sambutan Camat Bergas, dan terakhir sambutan dari Yayasan Nur Hidayah yang menaungi keberadaan LPIT Cahaya Ummat oleh Ustadz Arif Subakir, SE. Acara kemudian ditutup dengan pemecahan balon udara yang telah disiapkan oleh panitia kegiatan.

Anak anak TKIT Cahaya Ummat bersiap siap untuk menjalankan Sa’i yaitu berlari lari kecil dari bukit Shofa ke bukit Marwa

Kegiatan Manasik Haji ini merupakan kegiatan tahunan TKIT Cahaya Ummat, dan kami berharap ini bisa memberikan pembelajaran kepada anak anak tentang wajibnya melaksanakan ibadah haji jika mampu secara materi, jasmani dan Ruhani “ jelas Kepala Sekolah TKIT Cahaya Ummat  Yunita Mauliya Astuti dalam sambutannya.

Dari pihak UPTD kecamatan Bergas yang dihadiri langsung oleh bapak Sulistyono selaku Kepala UPTD kecamatan Bergas, memberikan apresiasi yang tinggi kepada TKIT Cahaya Ummat dengan penyelenggaraan kegiatan Manasik haji ini, Kami turut senang, bersyukur dan berbangga dengan keberadaan TKIT Cahaya Ummat di kecamatan Bergas ini, kami pantau beberapa kegiatan LPIT Cahaya Ummat baik TKIT maupun SDIT nya selalu mengutamakan mutu dan kwalitas, jadi wajar jika dalam perkembangannya LPIT Cahaya Ummat telah mendapatkan tempat tersendiri dihati masyarakat Bergas dan termasuk sekolah Favorit bagi orang tua untuk menyekolahkan putra putrinya ” Sambutnya

Sementara itu perwakilan dari Yayasan Nur Hidayah, Ustadz Arif Subakir, SE menegaskan bahwa Yayasan akan selalu mendukung langkah langkah positif, inovatif dan kreatif dalam menggelar kegiatan pendidikan sekolah baik di tingkat TKIT, SDIT dan SMPIT Cahaya Ummat “ Semoga anak anak kelak menjadi haji beneran dan juga bisa menghajikan orangtuanya sebagai bentuk Birrul walidain ( Berbuat baik kepada orangtuanya ) “ Tegasnya.

Cuaca pagi itu sempat agak menghawatirkan, sebab sempat hujan rintik rintik dan disertai angin yg lumayan kencang. Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Arif Subakir, SE yang mendapatkan amanah utk menyampaikan do’a penutup berdo’a kepada Allah SWT agar diberikan cuaca yang kondusif agar anak anak bisa menjalankan Prosesi Pelatihan Manasik Haji deri awal hingga akhir. Dan Alhamdulillah pada akhirnya semua berjalan lancar, tidak sampai terjadi hujam deras.

Tahapan demi tahapan pelaksanaan Pelatihan manasik haji berjalan lancar, dimulai dengan berkumpul di Miqat dilanjutkan dengan sholat jama’ Dhuhur dan Ashar di masjid Namirah. Setelah itu anak anak melakukan perjalanan menuju padang  Arafah untuk Wukuf dan memperbanyak dzikir. Selanjutnya anak anak ke Musdalifah untuk mencari kerikil dan bermalam di Mina , selanjutnya  anak anak melempar jumrah  Ula, Wustho, dan Aqobah.

Tahapan selanjutnya dari prosesi pelatihan manasik haji adalah anak anak melakukan Thowaf mengelilingi Ka’bah, setelah itu minum air Zam Zam di sumur Zam Zam. Selanjutnya anak anak melakukan ibadah Sa’i yaitu berlari lari kecil dari bukit Shofa ke bukit Marwa. Terakhir anak anak melakukan Tahalul atau memotong sedikit rambutnya.

Setiap Tahapan dalam ibadah haji dilakukan anak anak dengan penuh semangat walaupun hujan rintik rintik terus menyertai kegiatan manasik haji ini, sungguh luar biasa semangat anak anak TKIT Cahaya Ummat ini ..Kerren

Dalam melaksanakan tapan tahapan Manasik haji ini tidak henti hentinya para siswa TKIT Cahaya Ummat terus mengmandangkan Talbiyah Labbaikallaahumma labbaika, labbaika laa syariika laka labbarika, innal hamda wan-ni’mata laka wal-mulka laa syariika laka.

Artinya: “Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, aku datang memuhi panggilan-Mu tidak ada sekutu bagi-Mu, aku dating memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.”

Setelah tahapan demi tahapan manasik haji selesai dilaksanakan, semua anak anak beristirahat dan mendapatkan snack dan makan siang dari para ibu guru yang mendampingi.

Alhamdulillah, pelaksanaan Pelatihan manasik Haji TKIT Cahaya Ummat bisa berlangsung lancar dan sesuai target, walaupun sempat cuaca kurang mendukung,namun anak anak tetap bersemangat menyelesaikannya sampai tahapan manasik yg paling akhir, semoga kelak mereka bisa menerapkan ibadah haji yg sesungguhnya  yaitu pergi ke Baitullah Mekkah Al Mukarromah “ sambut  Ustadz Arif Subakir, SE selaku perwakilan Yayasan Nur Hidayah yang turut hadir dan membersamai kegiatan manasik haji TKIT Cahaya Ummat ini sampai dengan selesai.

Ustadzah Isti sebagai MC acara dalam Manasik Haji TKIT Cahaya Ummat

 

Ustadz Arif Subakir, SE memberikan sambutan dalam Manasik Haji TKIT Cahaya Ummat mewakili Ketua Yayasan Nur Hidayah yg berhalangan hadir

Sambutan Kepala UPTD kecamatan Bergas, Bapak Sulistyono

Anak anak TKIT Cahaya Ummat bersiap siap melaksanakan Thowaf mengelilingi Ka’bah, dengan rapi dan kompak tampak mereka bersemangat sekali dipandu para Guru pembimbing

Anak anak berkumpul di Miqat

Ustadz Arif Subakir memimpin do’a agar acara bisa berjalan lancar dan agar hujan tidak turun dulu, dan alhamdulillah hanya hujan rintik halus sehiingga anak anak tetap bisa menjalankan tahapan manasik haji samapi selesai

Anak anak berjalan menuju Masjid Namirah utk sholat Dhuhur dan Ashar

Anak anak bersiap sholat Dhuhur dan Ashar di masjid Namirah

Anak anak sedang beristirahat dsambil minum air Zam Zam di Sumur Zam Zam

Anak anak TKIT Cahaya Ummat melaksanakan berlari lari kecil dari bukit Shofa ke bukit Marwa / Sa’i dengan semangat dan ceria

Para Santri TKIT Cahaya Ummat bersiap siap utk Thowaf mengelilingi Ka’bah

Anak anak TKIT Cahaya Ummat tampak senang dan gembira dalam pelatihan Manasik Haji ini

Keceriaan dan semangat tampak dari wajah anak anak TKIT Cahaya Ummat

Reportase dan Photo Reportactual.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *