ITIKAF SEBAGAI MOMENTUM MEMBANGUN KETAHANAN NASIONAL “

by April 13, 2023
INSPIRASI 0   467 views 0

Nafis Munandar, SE. M.Si Anggota FPKS DPRD Kabupaten Semarang

Reportactual.com – Tuntang – Pada bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah iktikaf di masjid, di mana seorang muslim mengisolasi dirinya di dalam masjid untuk beribadah dan merenungkan diri selama beberapa waktu.

Iktikaf adalah salah satu amalan sunnah yang banyak dilakukan pada bulan Ramadhan. Selain memperbanyak ibadah, iktikaf juga dapat meningkatkan ketahanan nasional. Bagaimana bisa iktikaf meningkatkan ketahanan nasional?

Pertama, iktikaf dapat meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme. Dalam iktikaf, seorang muslim tidak hanya beribadah, tetapi juga merenungkan diri dan mengevaluasi diri sendiri. Dalam proses ini, dia akan menjadi lebih sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga negara yang baik dan berkontribusi untuk kemajuan negara.

Kedua, iktikaf juga dapat meningkatkan rasa persatuan dan kebersamaan antar umat Islam. Di dalam masjid, seorang muslim akan bertemu dengan sesama muslim yang sedang melakukan iktikaf. Mereka akan saling berbagi pengalaman, memberi dukungan dan mempererat tali silaturahmi. Hal ini dapat membantu meningkatkan solidaritas umat Islam dan rasa persatuan nasional.

Ketiga, iktikaf juga dapat meningkatkan kualitas diri. Dalam iktikaf, seorang muslim akan mengisolasi diri dari dunia luar dan fokus pada ibadah dan introspeksi diri. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas diri dan membuat seseorang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Seorang muslim yang berkualitas akan menjadi aset berharga bagi bangsa dan negara.

Keempat, iktikaf juga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Dalam iktikaf, seorang muslim akan memperbanyak ibadah dan merenungkan diri. Hal ini dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketakwaan, yang merupakan kunci keberhasilan dan kebahagiaan dalam hidup. Seorang muslim yang kuat imannya akan menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab, yang dapat membantu meningkatkan ketahanan nasional.

Dalam kesimpulannya, iktikaf pada bulan Ramadhan dapat meningkatkan ketahanan nasional melalui meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme, meningkatkan rasa persatuan dan kebersamaan antar umat Islam, meningkatkan kualitas diri, dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Oleh karena itu, sebagai umat Islam yang peduli pada bangsa dan negara, kita perlu memperbanyak ibadah dan memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya, termasuk dengan melakukan iktikaf di masjid. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Wallahu a’lam.

Oleh: Nafis Munandar
Anggota DPRD Kab Semarang, Fraksi PKS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.