ANGGOTA DPR RI FPKS UNGKAP PENYEBAB PEMBATALAN PEMBERANGKATAN HAJI “

by November 18, 2021
INSPIRASI 0   75 views 0

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS KH Bukhori mengatakan permasalahan haji dan umroh sudah disikapi melalui pembahasan dalam rapat Komisi VIII meski berjalan alot. Penetapan kesimpulan pembatalan karena situasi pandemi COVID-19 dan kebijakan luar negeri pemerintah Arab Saudi.

Anggota DPR Fraksi PKS Ungkap Penyebab Pembatalan Pemberangkatan Haji
Reportactual.com – Ungaran – Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS KH Bukhori mengatakan permasalahan haji dan umroh sudah disikapi melalui pembahasan dalam rapat Komisi VIII meski berjalan alot. Penetapan kesimpulan pembatalan karena situasi pandemi COVID-19 dan kebijakan luar negeri pemerintah Arab Saudi.
Kemenag sudah melaksanakan tugas pelayanan dengan sebaik-baiknya, begitu juga dengan tugas pembinaan jamaah haji. Tetapi menyangkut tugas perlindungan Kemenag mempertimbangkan keselamatan jamaah. Terjadi pembatalan karena pandemi,” ujar KH Bukhori dalam kegiatan
Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji Tahun 2021 Angkatan XL” di hotel Griya Persada, Kamis (14/11/2021)
Polemik yang terjadi di masyarakat menurut KH Bukhori berkembang informasi simpang siur, ia menegaskan pembatalan pemberangkatan haji tidak ada unsur lain, murni keadaan musibah sehingga harus dibatalkan/ditunda.
Tokoh agama H Muhammad Hanif MBA menyampaikan kebijakan pembatalan keberangkatan haji menjadi perhatian menyangkut hajat umat Islam menunaikan ibadah wajib tersebut.
Pemerintah perlu mengambil langkah strategis adanya pembatalan. Status jamaah haji yang sudah melakukan pelunasan tahap 1 dan 2 pada tahun 2020, mereka menjadi prioritas berangkat untuk kuota setelah haji diizinkan,” ujarnya.
Saat ini ada sebanyak 1.535 jamaah melakukan penarikan seluruh dana  haji yang telah disetorkan. Sedangkan 12.363 jamaah melakukan penarikan dana pelunasan haji.
Dana haji dikelola dengan baik oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Tentu pengelolaan berprinsip syariah pada bank-bank syariah,” tambahnya.
Praktisi haji, Drs. Moh Sa’idun M.Ag menyampaikan persiapan para jamaah haji dan umroh lebih ditingkatkan sebagai bentuk pelayanan Kemenag terhadap jamaah. Pengawasan terhadap asosiasi pemberangkatan juga perlu ditingkatkan untuk perlindungan jamaah.
Seperti program pemberdayaan Perguruan Tinggi Islam menjadi pusat haji dan umrah dapat membantu tugas Kemenag. Selain itu pemberdayaan kiai dan asatid untuk memberikan bimbingan haji dan umrah yang memadai,” tambahnya.
Kegiatan “Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji Tahun 2021 Angkatan XL” di hotel Griya Persada diadakan Kanwil Provinsi Jawa Tengah bersama DPR RI Komisi VIII ini diikuti sekitar 60 peserta dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.
Peserta berasal dari tokoh masyarakat, IPHI, takmir masjid, yayasan, dan organisasi islam di wilayah Kabupaten Semarang. Turut hadir dari kalangan partai Ahmad Rifai selaku MPD PKS Kabupaten Semarang.

Foto dokumentasi

Foto dokumentasi

Foto dokumentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.