PEDULI DAN BERBAGI IKA SMP N I UNGARAN KIRIMKAN 9 TANGKI AIR UTK WARGA BANCAK “

by October 3, 2017
KABUPATEN SEMARANG 0   1.5K views 0

GEMBIRA. Masyarakat warga Bancak nampak antusias untuk mendapatkan bantuan air bersih dari IKA SMPN I Ungaran yang menggelar baksos dgn mengirimkan 9 tangki air bersih ke Bancak ( 01 / 10 )

Laporan wartawan Reportactual.com Nur Yulianto

Reportactual.com – Ungaran – Kekeringan yang melanda di beberapa wilayah Kabupaten Semarang mungkin akan segera berakhir, dikarenakan beberapa hari terakhir sudah turun hujan di beberapa titik di wilayah Kab. Semarang.

Hal ini senada dengan prediksi dari BMKG wilayah Jateng, bahwa pada bulan oktober – November diperkirakan mulai memasuki masa transisi dari musim kemarau ke musim penghujan. Meski sudah masuk dalam masa transisi musim kemarau ke musim penghujan, belum semua wilayah di kabupaten semarang sudah mengalami hujan.

Bahkan tercatat pada kantor BPBD Kab Semarang, beberapa titik seperti wilayah Bancak, Susukan, Bringin dan beberapa titik lain masih mengalami krisis air bersih bersih.

Melihat hal-hal tersebut diatas, Ikatan Keluarga Alumni ( IKA ) SMPN 1 UNGARAN melalui Panitia Reuni Akbar 2017, mencoba untuk tanggap akan situasi-situasi yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu ditanggapi dengan adanya kegiatan Bhakti Sosial (BakSos) dengan memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat yang saat ini sedang membutuhkan.

9 truk tangki siap dikirimkan ke Bancak dlm Baksos yang diselenggarakan IKA SMPN I Ungaran hari Ahad kmarin (01/10)

Rombongan berangkat dari halaman SMP N I Ungaran kurang lebih pukul 07.30 wib dengan sebuah mobil Patwal Polres Semarang yang berada didepan untuk membuka jalan, rombongan dibelakangnya 8 mobil pribadi dan 9 truk tangki air berjalan tertib dan sempat menjadi perhatian masyarakat disepanjang jalan yang dilewati yg berjarak kurang lebih 60 km.

Kegiatan Baksos IKA SMPN 1 UNGARAN melalui Panitia Reuni Akbar 2017 ini dilaksanakan sesuai arahan dari BPBD Kab.Semarang, dalam kesempatan ini penyaluran bantuan air bersih dipusatkan pada wilayah desa Bancak, Kecamatan Bancak, khususnya di dusun Banyu Tarung dan Kedung jayan dengan total penyaluran bantuan sejumlah 9 tangki kapasitas 6000 liter.

Meski jumlah bantuan air yang disalurkan belum cukup untuk memenuhi kebutuhan, namun masyarakat sekitar menyambut dengan suka cita dan berharap agar alumnus SMPN 1 Ungaran agar selalu tanggap akan keadaan yang terjadi di masyarakat, khususnya masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Hal ini diutarakan Kepala dusun Banyu Tarung saat mewakili masyarakat dalam penerimaan bantuan minggu kemarin, dan secara pribadi beliau berharap agar kegiatan baksos ini dapat menjadi agenda rutin IKA SMPN 1 Ungaran, mengingat desa Bancak hampir selalu mengalami krisis air setiap musim kemarau.

Bantuan air bersih itu sendiri dilaksanakan oleh Panitia Reuni Akbar 2017 sebagai bagian dari kegiatan Reuni Akbar bagi Alumni SMPN 1 Ungaran yang akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 desember yang akan datang.

Nurdin Ma’ruf sebagai ketua Panitia Reuni Akbar 2017 menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan Reuni Akbar yang nantinya akan diusulkan untuk menjadi agenda kegiatan dari IKA SMPN 1 Ungaran, dimana alumni-alumni SMPN 1 Ungaran saat ini telah menyatu menjadi bagian dari masyarakat.

Kami berharap kegiatan- kegiatan yang akan dilaksanakan oleh IKA SMPN 1 Ungaran itu sendiri harus dapat dirasakan pula manfaatnya oleh masyarakat secara umum, terutama di Kabupaten Semarang ” tegas Nurdin.

Bantuan air ini adalah bentuk rasa peduli dan semangat untuk berbagi kami keluarga besar alumni SMP N I Ungaran dengan sesama, terutama di Kabupaten Semarang tercinta ini ” imbuhnya.

Masyarakat dua dusun di kecamatan Bancak sangat senang dengan adanya kegiatan bakti sosial ini, mengingat selama ini mereka sangat kesulitan untuk mendapatkan sumber air bersih akibat kekeringan yang melanda.

Alhamdulillah mas.. kami sangat berterima kasih kepada bapak ibu keluarga besar SMP N I Ungaran yang telah peduli kepada kami, semoga menjadi amal shahih panjenengan semua “ ungkap salah seorang warga dengan terharu.

Kegiatan penyaluran bantuan air bersih itu sendiri diakhiri dengan makan siang bersama dengan hidangan ala kadarnya, dimana masyarakat dusun Banyu Tarung kecamatan Bancak menyediakan makanan dan minuman khas pedesaan sebagai bentuk ucapan dan rasa terimakasih kepada alumni-alumni SMPN 1 Ungaran yang telah berkenan membantu desa mereka dengan kegiatan baksos bantuan air bersih tersebut.

Nampak sebagian panitia Baksos IKA SMPN I Ungaran menghibur anak-anak di lokasi baksos

Nampak pak Kadus sedang memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada keluarga besar Alumni SMP N I Ungaran atas bantuan air bersih yang sangat dibutuhkan masyarakat

Proses penyaluran air bersih, nampak warga bergantian dgn Sabar memenuhi wadah wadah air nya dibantu panitia Baksos IKA SMPN I Ungaran

Dengan Semangat Berbagi dan Peduli para panitia Baksos IKA SMPN I Ungaran berfoto bersama sebelum rombongan diberangkatkan

“PANITIA REUNI AKBAR SMPN 1 UNGARAN 2017”

Reportactual.com Produksi Oktober 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.