SAMBUT RAMADHAN PEMUDA DESA WATUGANDU SUMOWONO BERSIHKAN SUMBER AIR DAN TANGKAP IKAN “

by May 18, 2017
KABUPATEN SEMARANG 0   1.5K views 0

Para pemuda desa Watugandu nampak bergotong royong menjelang Ramdhan ini dengan membersihkan sumber air desa tersebut

SAMBUT RAMADHAN PEMUDA DESA WATUGANDU BERSIHKAN SUMBER AIR DAN TANGKAP IKAN “

Reportactual.com _Banyak cara dilakukan masyarakat terutama kaum muslimin untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, salah satunya yang dilakukan sekelompok pemuda desa Watugandu kecamatan Sumowono yaitu dengan mengadakan kegiatan Bersih – bersih sungai ( Kamis 18 Mei 2017 )

Dalam kegiatan bersih bersih sumber air tersebut, para pemuda RT 03 RW 02 desa Watugandu mengadakan kerja bhakti membersihkan sumber air dengan membuang sampah yang hanyut disepanjang sungai.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan pemuda desa setiap berada di bulan Sya’ban, sumber air yang dibersihkan berada di RT 3 diantara dua masjid, yaitu masjid Jamiatul Mukminin dan masjid Taqwa desa Watugandu. Karena sumber air yang masih murni,bersih dan belum banyak tercemar limbah tersebut digunakan juga oleh masyarakat terutama kaum muslimin untuk kebutuhan air ( Berwudhu, MCK dll ) dikedua masjid yang berada didesa Watugandu.

Letak sumber air yang berada di bawah pohon gintung yang besar dan rumpunan pohon bambu yang rimbun, sehingga tampak asri khas daerah pegunungan.

Alhamdulillah kami bersama puluhan pemuda desa melakukan kegiatan ini dengan sukarela, supaya sumber air yang digunakan warga untuk berwudhu, mandi ini bisa terjaga kebersihannya “ ujar salah seorang pemuda.

Kegiatan bersih bersih sumber air tersebut bertambah seru, karena disamping bersih bersih sumber air para pemuda desa Watugandu juga mencari ikan sungai yang berkembangbiak di sepanjang aliran sumber air tersebut.

Kemampuan menangkap ikan sungai memang sudah menjadi keahlian para pemuda desa turun temurun, walaupun dengan alat alat yang sederhana, yang jelas tidak menggunakan sarana yang dilarang seperti racun dan setrum.

Berbagai ikan sungai berhasil ditangkap para pemuda desa Watugandu. Ada ikan gabus , wader jowo, uceng dll. Bahkan ada pemuda yang bisa menangkap belut yang hidup juga di sungai tersebut.

Kami juga sering menangkap ikan yang hidup disekitar sumber air ini, ikan ikan ini hidup dan berkembang biak disini karena dilarang menangkap ikan dengan racun dan setrum “ tegasnya.

Para pemuda tampak antusias dan bergotong royong dalam kerja bakti bersih bersih sumber air dan mencari ikan sungai. Karena moment seperti ini hanya di laksanakan setiap tahun sekali ujar Musta’in salah seorang pemuda setempat.

Para pemuda desa Watugandu nampak sedang asyik menangkap ikan yang hidup disekitar sumber air

Narator Musta’in

Editor Reportactual.com Production Mei 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.