HANCURKANLAH JIWA YANG MALAS, BANGKITLAH JIWA YANG TAAT “

by March 3, 2017
HIKMAH 0   409 views 0

Sumber foto Inilah.com

Reportactual.com – Betapa ruginya dirimu, jika engkau memperturutkan rasa malas yang menggelayut dalam jiwamu. Orang lain telah mendahuluimu dengan amal, keutamaan, cita-cita, serta prestasi hidup. Sementara dirimu masih tertidur, belum berbuat apa-apa dan tertinggal.

Orang lain telah menghafal puluhan juz, bahkan hafal 30 juz. Sementara dirimu juz 30 pun, tak hafal-hafal, dari dulu sampai sekarang.

Para perindu malam telah sibuk bermunajat dan mendirikan malam-malamnya dengan shalat tahajud, membaca Al-Qur’an dan memohon ampun kepada Allah SWT di keheningan malam. Sementara dirimu masih terbuai dengan mimpi-mimpi..

Wahai jiwa manusia ..
Sungguh kemuliaan tak akan bisa kau dapatkan dengan kemalasan.
Cita-cita tertinggi tak akan bisa kau raih dengan sikap santai dan berlambat-lambat..

Wahai jiwa yang tertipu…
Siang harimu hanya ada lupa dan lalai..
Dan malam harimu hanya ada dengkuran tidur lelap..

Wahai jiwa manusia …
Betapa berharganya kesempatan yang engkau miliki sekarang ini..
Tapi kenapa engkau malas..

Wahai jiwa manusia ..
Bayangkanlah bila engkau telah berpindah dari alam dunia ini, terputus sudah segala kesempatan untuk beramal, yang ada engkau hanya  menunggu balasan. Tidak akan pernah ada peluang, tidak akan pernah ada harapan untuk kembali ke dunia agar engkau bisa memperbaiki segalanya..

Wahai jiwa yang malas…
Tidakkah engkau dengar berita dari Al-Qur’an tentang ‘rengekan’ orang yang dihadapkan kematian kepadanya:

Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, ia berkata, ‘Tuhanku, kembalikan aku (ke dunia), agar aku berbuat amal shalih terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu perkataan yang diucapkannya saja dan di depan meraka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan“. (QS. Al-Mukminun: 99-100)

Atau berita tentang penyesalan ahli neraka, dan mereka minta dikembalikan kedunia:

Dan jika kamu (Muhammad) melihat ketika mereka dihadapkan ke neraka, lalu mereka berkata, ‘Kiranya kami dikembalikan (ke dunia) dan tidak mendustakan ayat-ayat Tuhan kami, serta menjadi orang-orang yang beriman ” (Al-An’am [6]: 47)

Wahai jiwa yang malas…
Jika engkau tahu keutamaan datang lebih awal dan mendirikan shalat berjamaah di mesjid, kenapa engkau tidak bergegas..

Wahai jiwa yang malas…
Seandainya engkau paham akan besarnya ganjaran pahala syahid dijalan Allah, mungkin engkau akan menjadi orang yang pertama kali menyambut seruan jihad..

Wahai jiwa manusia ..
Jika engkau merasakan keutamaan serta kemulian yang dimiliki oleh para ahli ilmu, tentu engkau akan berlelah-lelah untuk belajar, menghafal, dan menuntut ilmu..

Wahai jiwa manusia .. berjuanglah .. agar kemalasan tak bersarang dalam jiwamu !
Karena sungguh malas dalam beribadah adalah salah satu sifat yang dimiliki kaum munafik:

Dan apabila mereka berdiri untuk sholat, mereka berdiri dengan malas ” (QS. An-Nisa’: 142)

Jika malas masih bersemayam dalam dirimu, maka mohonlah pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT, bukankah Rasulullah saw telah mengajarkannya kepada kita.

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ketidak berdayaan, malas, pengecut dan pikun ” ( HR. Muslim)

Karena dengan hanya pertolongan Allah lah kita bisa terhindar dari sifat-sifat jelek..

Wahai jiwa manusia .. Ingatlah bahwa ciri Mu’min adala taat .. dan ciri Taat adalah Bersegera .. oleh karena itu bersegeralah jika dipanggil utk Taat ..

Dan ciri Orang Munafiq adalah Malas .. dan ciri malas adalah menunda / tidak bersegera .. oleh karena itu jangan biarkan dirimu dipenuhi sifat sifat orang munafiq yang akan membawamu pada kebinasaan dan kehinaan ..

Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّ أُمَّتِي يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ أَبَى. قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ وَمَنْ يَأْبَى؟ قَالَ: مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَى

Seluruh umatku akan masuk jannah, kecuali yang enggan.” Maka dikatakan: “Wahai Rasulullah, siapa yang enggan?” Beliau menjawab: “Barangsiapa yang menaatiku maka dia pasti masuk jannah, sedangkan barangsiapa yang mendurhakaiku maka sungguh dia telah enggan (masuk jannah).” (Hadits Riwayat Al-Bukhari)

Cambuk buat kita semua, khususnya diri ini ..Semoga kita semua terhindar dari sifat Malas dan senantiasa diberikan Taufiq oleh Allah SWT untuk bersegera dan bersemangat dalam ketaatan kepada – Nya .. Aamiin

Sumber tidak diketahui

Editor Reportactual.com Productions Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *